Siap-siap, Warga di 24 Desa di Sumenep Segera Dapat BLT

Avatar of PortalMadura.com
dok. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli. (Foto. Taufikurrahman @portalmadura.com)
dok. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli. (Foto. Taufikurrahman @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sedikitnya 24 desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga terdampak Covid-19. Di Sumenep, terdapat 330 desa yang tersebar di 27 kecamatan.

“Ada 24 desa yang sudah siap mencairkan BLT bagi warga terdampak Covid-19. Sedangkan yang lain masih tahap proses,” kata Sumenep, Moh Ramli, Kamis (7/5/2020).

Ia menyatakan, anggaran yang diploting untuk BLT itu dari Dana Desa (DD). Mekanismenya, dari pemerintahan desa mengajukan ke Pemkab untuk pencairan BLT tersebut. Pendataan warga yang berhak memperoleh BLT tersebut dilakukan oleh relawan Covid-19 yang telah mendapatkan surat mandat dari kepala desa yang bersangkutan.

“Hasilnya dilakukan validasi melalui musyawarah desa, karena anggaran yang digunakan itu adalah DD. Kemudian disetujui dan juga mengetahui Camat setempat, baru diajukan ke Pemkab,” ucapnya.

Ramli menerangkan, penggunaan Dana Desa (DD) untuk BLT bagi warga terdampak Covid-19 itu sejalan dengan Surat Edaran (SE) Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) No 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa, tertanggal 24 Maret 2020.

“BLT bagi warga terdampak Covid-19 telah ditetapkan sebesar Rp 600.000 per bulan. Dana itu akan dicairkan per triwulan, sehingga masing-masing penerima akan mendapatkan kucuran dana Rp 1.800.000,” tegasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.