Siasati Melambungnya Harga Daging, Warga Sumenep “Arisan Daging”

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, – Meski 1 Syawal 1435 H masih belum ditentukan, tapi warga Desa Aeng Merah, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sudah memotong sapi sebagai persiapan daging untuk lebaran.

“Ini memang sengaja disembelih lebih awal. Biasanya pengumuman lebaran itu mendadak,” kata Salim, ketua kelompok arisan daging, Minggu (27/7/2014).

Penyembelihan sapi ini biasa dilakukan warga setiap menjelang lebaran. Sapi tersebut hasil dari tabungan kelompok yang biasa disebut “Arisan Daging” yang dilakukan setiap bulan. Anggota pun variatif, ada yang mencapai 70 orang. Bahkan, ada yang lebih dari 100 orang.

“Ini arisan daging, tiap anggota dibebani biaya sebesar Rp 150 ribu dari hasil tabungan bulanan, nanti dagingnya dibagi 70 orang,” ungkapnya.

Hal ini dilakukan untuk menghindari mahalnya harga daging di pasaran, karena dipastikan setiap menjelang lebaran, harga daging yang cenderung selalu naik dari sebelumnya.

“Kalau patungan seperti ini, pasti lebih murah. Dengan biaya Rp150 ribu, bisa dapat lebih dari 2 kg,” terangnya. (arif/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.