oleh

Siswa Miskin di Sumenep Klaim Dapat Nilai Unas Tertinggi Se-Jatim

PortalMadura.Com, Sumenep – Mutiatul Khoiriyah, salah satu siswa swasta di MTs Miftahul Ulum, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura, klaim meraih nilai Ujian Nasional (Unas) tertinggi tingkat SMP/sederajat se- Jawa Timur.

Nilai Unasnya mencapai 39,40 atau masuk peringkat 5 tingkat Nasional. Nilai tersebut lebih tinggi dibanding yang diraih oleh Dita Arizona dari SMPN 2 Bangkalan, Madura. Siswa yang tergolong kurang mampu ini, kaget atas perolehan nilai yang tak terduga sebelumnya.

“Saya kaget dengan perolehan nilai Unas, karena masuk peringkat tertinggi se Jatim,” kata Ria sapaan akrab Mutiatul Khoiriyah, Minggu (15/6/2014).

Dia mengaku hanya rajin ikut bimbingan belajar seperti siswa lain dan tekun belajar terutama setelah salat isyak setiap malam. “Tidak cukup hanya belajar, tetapi saya juga berdoa serta berusaha puasa sunah setiap hari Senin dan Kamis,” ujarnya sambil merendah.

iklan hari santri

Hajar Dwiantoro, Ayah Ria, justru tidak menduga jika putrinya mampu meraih nilai tertinggi se-Jatim. Karena, selama ini dikenal pemalu dan pendiam. “Setahu saya, Ria pemalu dan pendiam dan jarang bergaul dengan temannya,” ujarnya.

Kepala Kemenag Sumenep melalui Kasi Penma Moh Rifai Hasyim, mengaku belum mendapatkan informasi resmi dari Kanwil Kemenag Jatim. Pihaknya, hanya diminta oleh Kanwil untuk menyerahkan laporan tiga nilai tertinggi untuk masing-masing sekolah dibawah naungan Kemenag Sumenep.

Di Sumenep, ada 3 subrayon yang berada dibawah naungan Kemenag yakni Subrayon 51 MTsN Sumenep, Subrayon 52 MTsN Terate dan Subrayon 53 Mts Annuqayah. Dari masing-masing subrayon itu, pihaknya meminta laporan 10 besar perolehan nilai tertinggi siswa di masing-masing sekolah.

“Setelah diverifikasi, muncul tiga nama yang meraih nilai tertinggi se-Sumenep yakni Mutiatul Khoiriyah dari MTs Miftahul Ulum, Kecamatan Lenteng, peringkat kedua Azizatul Mabrurah dengan nilai 39,20 dari MTs Nurus Salam, Kecamatan Ganding, dan terakhir diraih oleh Edi Wahyudi dari MTs Alghazali, Kecamatan Peragaan, Sumenep dengan nilai 39,20,” terangnya.(udien/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.