oleh

Siswa SLB Dapat Sosialisasi Pilkada dari KPU Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebanyak 22 dari 68 siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Wanita, Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur mendapatkan sosialisasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) dari KPU setempat.

“Dari total siswa SLB sebanyak 68 orang dari tingkat TK hingga SMA, sebanyak 22 siswa yang mempunyai hak pilih. Dari 22 siswa itu, SMA sebanyak 6 orang, 13 siswa SMP dan sisanya SD,” kata Abd Hadi, Komisioner KPU Sumenep, Sabtu (5/12/2015).

Menurutnya, sosialisasi ini dilakukan karena kaum berkebutuhan khusus atau difabel memiliki hak yang sama dalam politik.

“Makanya kami lakukan sosialisasi pada semua pihak, termasuk kaum berkebutuhan khusus ini,” ucapnya.

Hadi memaparkan, pemilih yang mempunyai kebutuhan khusus boleh minta bantuan pada keluarga atau petugas di KPPS pada saat menggunakan hak pilihnya.

“Kaum difabel bisa meminta bantuan keluarga dan petugas, ini memang diperlakukan khusus karena memang berkebutuhan khusus,” tegasnya.

Materi yang disampaikan KPU diantaranya tata cara mencoblos dan tata cara menggunakan hak pilih. “Materinya sama dengan pemilih lain,” tukasnya.

Pilkada Sumenep yang digelar pada 9 Desember 2015 diikuti dua pasangan calon bupati-calon wakil bupati (cabup-cawabup). Pasangan nomor urut 1 yakni A. Busyro Karim dan Ahmad Fauzi, diusung koalisi PKB-PDI Perjuangan didukung NasDem.

Kemudian pasangan cabup-cawabup nomor urut 2 adalah Zainal Abidin dan Dewi Khalifah, diusung koalisi 8 parpol, yakni Partai Demokrat, PAN, PKS, PPP, Gerindra, Hanura, Golkar dan PBB. (arifin/choir)


Komentar