oleh

SMA Maarif Pamekasan Gelar Upacara dan Pembuatan Video Kartini

PortalMadura.Com, Pamekasan – Sekolah Menengah Atas (SMA) Maarif 1 Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menggelar upacara memperingati hari kartini di halaman sekolah, Sabtu (20/4/2019).

Upacara yang dihadiri jajaran dewan guru tersebut para siswa menggunakan baju batik, sementara siswi mengenakan kebaya. Setelah prosesi upacara ada lomba pembuatan video tentang kartini dengan sistem satu kelas satu video.

“Sejatinya peringatan hari kartini adalah besok tanggal 21 April, mengingat besok hari libur sekolah, maka Osis memperingati hari kartini lebih awal satu hari,” ujar salah satu guru, Salafiyah.

Upacara peringatan hari kartini ini dimaksudkan untuk mendidik peserta didik mengenang tokoh-tokoh yang telah berperan besar terhadap pembangunan Nusantara. Sehingga tumbuh nasionalisme dan patriotisme yang tinggi dalam jiwa anak didik.

“Mengenang hari-hari bersejarah dan tokoh yang berperan adalah hal yang sangat penting bagi anak didik agar dalam jiwa mereka tertanam sejarah Indonesia beserta tokoh yang berperan. Hingga mereka menjadi bangsa yang mempunyai jati diri dan identitas diri yang khas. Dan agar tertanam jiwa nasionalisme dan patriotisme,” tandasnya.

Baca Juga : Besok Rekapitulasi Tingkat PPK, KPU Pamekasan Target Awal Mei Rampung

Oleh karena itu dia berharap, peserta didik bisa mengambil hikmah atas peristiwa-peristiwa di masa lampau demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Anak-anak bisa meniru semangat kartini, punya jiwa nasionalisme dan patriotisme, cinta produk dalam negeri,” pungkasnya.


Penulis : Marzukiy
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar