oleh

Smartphone Anda Terendam Banjir? Lakukan 3 Cara Ini

PortalMadura.Com – Hujan melanda berbagai daerah. Intensitas hujan yang tinggi dan dalam waktu yang lama membuat banjir terjadi di beberapa wilayah. Hal yang sangat dikhawatirkan setiap orang yaitu barang berharga yang harus diselamatkan dari luapan banjir.

Selain dokumen-dokumen berharga, salah satu yang penting juga yaitu smartphone. Hal ini untuk tetap menjalin komunikasi dengan keluarga atau pihak lainnya di kondisi darurat seperti banjir. Biasanya, sebagian orang memasukkan smartphone ke dalam beras untuk beberapa saat agar tetap kering.

Tapi, sebenarnya ada cara lain yang bisa Anda lakukan seperti dilansir PortalMadura.Com, Minggu (21/2/2021) dari laman Tekno Liputan6.com berikut ini:

Membuka perangkat

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah jangan panik. Lepaskan aksesori atau komponen lainnya yang dapat dibuka di smartphone Anda. Air biasanya akan masuk ke dalam perangkat melalui celah-celah kecil. Sebut saja slot untuk kartu memori dan kartu SIM Anda.

Selain itu, jika menggunakan back case (casing belakang) tambahan, Anda juga perlu melepasnya. Pastikan bagian-bagian perangkat tersebut disimpan di tempat kering secara terpisah. Artinya, tidak ditumpuk di satu tempat. Perhatikan perangkat yang telah Anda buka, jangan sampai terlewat apalagi hilang.

Keringkan dengan Kain Lap

Cara selanjutnya adalah Anda perlu mengeringkan semua bagian perangkat yang telah dibuka sebelumnya dengan kain lap. Pastikan Anda memakai lap dengan daya serap tinggi, seperti lap berbahan microfiber. Hindari penggunaan lap kanebo, karena biasanya ia menyimpan banyak air, walau daya serapnya cukup tinggi.

Jangan mengelap smartphone dengan cara menggosoknya, sebab ini bisa membuat Anda tidak sengaja mendorong air masuk ke celah-celah kecil lainnya. Jadi, Anda cukup menepuk secara perlahan ke bagian-bagian smartphone.

Gunakan Penyedot Vakum

Berbagai saran menunjukkan penggunaan penyedot vakum dibandingkan pengering rambut. Pasalnya, pemakaian pengering rambut dengan suhu panas yang dipancarkan berpotensi menimbulkan kerusakan lainnya di smartphone.

Bagian-bagian tidak terlihat terkadang akan mudah rusak pada kondisi suhu panas tertentu. Maka, gunakan penyedot vakum pada lubang yang terlihat, seperti lubang speaker dan soket pengisi daya. Kemudian perhatikan juga sela-sela di sudut smartphone dan di samping kamera.

Penyedot vakum diharapkan dapat menyedot keluar air-air yang masuk melalui celah-celah tersebut. Setelah itu, Anda perlu kembali melakukan langkah kedua dengan mengeringkan bagian-bagiannya.

Perlu diperhatikan, jangan terburu-buru untuk menyalakan smartphone Anda, bisa jadi masih ada air yang terperangkap di dalam smartphone. Tunggu hingga Anda benar-benar yakin perangkat telah kering sepenuhnya.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Liputan6.Com

Komentar