oleh

“Smartphone” Ternyata Mengganggu Hubungan Cinta Kasih

PortalMadura.Com – Ikatan emosional yang berlebihan dengan smartphone bisa membahayakan hubungan percintaan. Psikolog mengklaim bahwa semakin banyak orang dengan hubungan jangka panjang yang harus ‘berkompetisi’ dengan smartphone untuk mendapat perhatian pasangannya.

Sebuah survei bahkan menemukan bahwa tiga perempat perempuan merasa bahwa ponsel pintar menganggu hubungan percintaan dan mengurangi waktu yang biasa dihabiskan bersama dengan pasangan.

Peneliti menemukan bahwa fenomena yang dinamai Technoference ini memberikan efek negatif seperti lebih banyak konflik soal teknologi, kualitas hubungan yang menurun, sulit merasa puas dan resiko depresi yang semakin tinggi.

Polling yang dilakukan oleh Brandon McDaniel dari Pennsylvania State University dan Sarah Coyne dari Brigman Young University di Utah dilakukan terhadap 143 perempuan.

Hasil survei tersebut memperlihatkan bahwa 62 persen perempuan mengklaim bahwa teknologi telah mengintervensi hubungan mereka dengan pasangannya. Satu pertiga menyebut bahwa pasangannya lebih sering melihat layar ponsel saat berbicara.

Bahkan menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychology of Popular Media Culture, satu perempat responden menyebutkan bahwa pasangannya mampu mengetik pesan tanpa melihat ke layar.

“Ini seperti lingkaran setan di mana orang-orang terperangkap karena membiarkan teknologi masuk ke dalam kehidupan. Bahkan untuk efek terkecil pun masih memengaruhi setidaknya menyebabkan konflik dan bisa memengaruhi kualitas hubungan,” kata Dr McDaniel.

Dia melanjutkan bahwa makin lama, individu akan semakin kurang puas terhadap hubungan percintaannya bahkan kehidupannya.

“Dan mereka tidak menyadari hal tersebut terjadi,” katanya.

Dia menyebut bahwa sebaiknya smartphone dihidupkan dalam mode diam dan dianjurkan untuk tidak selalu memegang ponsel agar bisa fokus pada pasangan.

“Saat Anda harus memeriksa hal yang penting, Anda bisa memberikan penjelasan terlebih dahulu,” katanya. (Dailymail/suara)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE