oleh

Soengkono : Pemilu Tak Langsung, Partai Lebih Dominan

PortalMadura.Com, Sumenep – Wakil Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Soengkono Sidik menilai, pelaksanaan Pilkada langsung itu ada kepuasan tersendiri bagi masyaralat. Karena bisa memilih pemimpinnya secara langsung, tapi kalau pemilu tak langsung partai politik lebih dominan.

“Kalau pemilihan kepala daerah dipilih anggota dewan, bisa jadi partai politik lebih dominan, karena kepentingan parpol tidak serta merta mewakili masing-masing individu rakyat,” ungkap Wakil Bupati Sumenep, Soengkono Siddik, Rabu (10/9/2014).

Menurutnya, jika parpol sudah mempunyai kesempatan yang lebih dominan, dipastikan akan ada dampak negatif yang kadang-kala hanya menguntungkan parpol.

“Meski sebenarnya anggota dewan itu juga wakil rakyat, tapi sangat beda jika rakyat sendiri yang memilih,” terang wabup.

Terkait dengan politik uang, Wabup menambahkan, jika pilkada langsung akan lebih bisa dikendalikan dan dipastikan akan berkurang.

“Tolong dibedakan, pileg dengan pilkada, kalau pileg kemarin para calon memang berebut suara, karena calonnya banyak, sementara pilkada kan calonnya tidak banyak, jadi kemungkinan politik uang bisa ditekan,” pungkasnya. (arif/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.