SPAB Terbentuk di SMAN 1 Bangkalan

Avatar of PortalMadura.com
SPAB Terbentuk di SMAN 1 Bangkalan
Praktek pemadaman api (ist)

PortalMadura.Com, Bangkalan – Tim Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur, kembali beraksi di wilayah Bangkalan, Madura.

Selama di Bangkalan, sukses membentuk SPAB yang diprogramkan BPBD Jatim. Kali ini merupakan kota keenam yang menjadi sasaran turba. Pada Kamis (14/10/2021) ditunjuk sebagai sekolah rintisan SPAB yakni SMA Negeri 1 Bangkalan.

Pada program SPAB tersebut, pihak BPBD Bangkalan merangkul petugas pemadam kebakaran dan turut berpartisipasi Tim PMI Bangkalan.

“Mereka dengan semangat mendampingi para siswa dan stakeholder sekolah untuk menyukseskan acara ini,” terang Koordinator SPAB SRPB Jatim, Aslichatul Insiyah, dalam rilis yang diterima Redaksi portalmadura.com.

Kegiatan tersebut dibuka dan ditutup Kepala Pelaksana BPBD Bangkalan, Rizal Morris. Dan Kasi Pencegahan BPBD Jatim Dadang Iqwandy turut hadir dalam acara pembukaan program SPAB ini.

“Sekitar 100 orang turut terlibat dalam kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu. Kegiatan berjalan seru dan lancar dengan dukungan dari berbagai pihak,” kata Aslichatul Insiyah.

Materi yang diberikan berupa dokumen kajian risiko dan skill pada Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat (PPGD), pembuatan dan penggunaan alat evakuasi. Alat pemadam kebakaran menjadi muatan yang bermutu dalam kegiatan SPAB tersebut.

Sedangkan arahan dan wawasan terkait Permendikbud No. 33 Tahun 2019 tentang Satuan Pendidikan Aman Bencana, disampaikan oleh Korwas Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Adi Suryanto.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon
Penulis: HartonoEditor: Fianolita Purnaningtias

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.