Stafsus Wapres ‘Kepincut’ Potensi Sumenep, Ini Yang Akan Dilakukan

Avatar of PortalMadura.com
Stafsus Wapres 'Kepincut' Potensi Sumenep, Ini Yang Akan Dilakukan
Staf Khusus Wakil Presiden (Wapres) Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim bersama rombongan disambut Bupati Sumenep Achmad Fauzi bersama sejumlah pejabat (Nor Fitriyah @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Staf Khusus Wakil Presiden (Wapres) Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim ‘kepincut’ dengan potensi daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pada Kamis (21/7/2022), bersama rombongan berkunjung ke Kabupaten Sumenep. Pria kelahiran Tasikmalaya yang pernah menjabat sebagai Presiden Dewan Makanan Halal Dunia, disambut Bupati Achmad Fauzi bersama sejumlah pejabat.

Lukmanul Hakim menjelaskan, kedatangannya di Sumenep bersama tim untuk mencari informasi potensi yang ada. Selanjutnya akan dirumuskan di Jakarta.

“Insyaallah, rumusan-rumusan itu akan dikomunikasikan dulu dengan bapak bupati. Kemudian, barang kali ada yang bisa kita tindak lanjuti bersama,” katanya di Sumenep.

Ia yang juga pernah menjabat Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan, bahwa pelaku UMKM, usaha warga di pinggir jalan, seperti kerajinan blangkon perlu dikelola dengan baik.

Usaha kecil itu, kata dia, telah mampu mengendalikan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga lebih dari 95 persen. “Jadi kalau tidak kita kelola dan suplai, goncangan ekonomi sangat besar,” ujarnya.

Baca Juga:  4 Hari Hilang Kontak, KLM Cinta Kembar Ditemukan di Perairan Ambunten Sumenep

Saat ini, pemerintah sedang memberikan perhatian khusus kepada para pelaku UMKM dengan memberikan pengawalan, seperti sertifikasi, perizinan, insentif. Bahkan, melakukan usaha untuk memasarkan ke luar negeri (ekspor).

Seiring dengan potensi Sumenep yang dinilai cukup banyak, pihaknya menyarankan agar potensi yang ada terus dikelola lebih cepat lagi, sehingga pertumbuhan ekonomi itu, naiknya dari yang kecil.

“Potensi Sumenep ini banyak, terutama dari sektor kecil, kita ekspor,” ucapnya.

Kepincut’ Pulau Giliyang

Lukmanul Hakim juga tertarik dengan potensi alam Sumenep, salah satunya wisata pulau oksigen yang memiliki kadar oksigen tertinggi di Indonesia dan nomor 2 level dunia, yakni 21,5 persen. Kadar oksigen rata-rata hanya sebesar 20 persen.

Baca Juga:  Rapat Paripurna DPRD Sumenep Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

Ia pun ingin mengunjungi Pulau Giliyang. “Wah ini mah rejeki bagi orang Sumenep dan itu menjadi potensi wisata yang luar biasa,” katanya.

Kehadiran Staf Khusus Wakil Presiden (Wapres) di Sumenep diharapkan memberi manfaat bagi warga. “Semoga kami bisa memberikan manfaat bagi Kabupaten Sumenep,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.