oleh

STKIP PGRI Sumenep Lakukan Yudisium Bagi 184 Mahasiswa

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebanyak 184 mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumenep, Madura, Jawa Timur, dilakukan yudisium program sarjana S1 (Strata Satu) tahun akademik 2018/2019 di aula STKIP PGRI Sumenep, Selasa (27/8/2019).

Mereka dari prodi PBSI (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Bimbingan Konseling (BK), PMTK (Pendidikan Matematika), PPKN, PGSD, PJKR (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi).

Yudisium
STKIP PGRI Sumenep Melakukan Yudisium Bagi 184 Mahasiswa (Foto. Nanik Dwi Jayanti)

Ketua STKIP PGRI Sumenep, Dr. Asmoni, M.Pd, berpesan kepada mereka agar menjaga nama baik almamater, baik moral yang sudah berstatus sarjana maupun secara individu. Menurutnya, keberadaan alumni tetap bagian dari keluarga besar STKIP PGRI Sumenep.

“Dengan dilaksanakannya yudisium dan telah dinyatakan sebagai sarjana hendaknya almamater itu tetap digunakan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai ijazah dan gelar itu dibiarkan. Sebab, gelar dengan status apapun akan digunakan. Dan itu yang akan mengantarkan kalian ke tempat yang baik,” katanya.

Pihaknya yakin para alumni STKIP PGRI Sumenep akan sukses di manapun berada, baik sebagai pendidik di lembaga pendidikan maupun di bidang-bidang lain.

“Sebagai dasar kami untuk sukses di bidang lain, kami di STKIP PGRI Sumenep punya inkubator wirausaha. Jadi hampir seluruh mahasiswa ini diberi kemampuan berwirausaha,” terangnya.

STKIP PGRI Sumenep juga memberikan kesempatan magang di luar negeri bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman dan ilmu lebih.

Pada tahun 2019, STKIP PGRI Sumenep telah memberangkatkan 11 mahasiswa ke Thailand untuk magang selama tiga bulan. Tiga di antaranya merupakan yudisiawan dari prodi PGSD.

“Alhamdulillah, selama magang mereka mendapatkan kos dan biaya hidup ditanggung sekaligus ketika pulang mereka mendapatkan insentif dari kerajaan yang diwakili oleh pemitra kami di Thailand,” katanya.

Pihaknya juga telah mempersiapkan mahasiswa STKIP PGRI Sumenep untuk magang di beberapa perguruan tinggi di luar negeri. Seperti, Brunei Darussalam dan Kamboja serta melanjutkan program magang di Thailand yang telah ditunggu kedatangan mahasiswa dari prodi PGSD kembali.

Pesan serupa juga disampaikan Ketua PPLP PT PGRI Sumenep, Drs. H. Abu Imam. Dalam sambutannya menyampaikan, para alumni hendaknya terus meningkatkan keilmuannya, seperti komunikasi sosial, karena bagian dari ajaran agama Islam.

Di samping itu, perwakilan peserta yudisium dari prodi PPKN, Mashuri, mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen dan staf yang ada di STKIP PGRI Sumenep yang selalu setia dan memfasilitasi semua mahasiswa selama berada di bangku kuliah.

Ia juga mengajak para yudisiawan agar mempertanggung jawabkan beban yang diemban selepas dari STKIP PGRI Sumenep yakni sebagai sarjana yang memiliki kemampuan keilmuan sesuai dengan jurusan masing-masing.

“Ini tuntutan dan kewajiban bagi kita semua untuk mengamalkan dan membaktikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tandasnya.

Pada momen Yudisium tersebut, dihadiri seluruh Kaprodi, dosen dan staf STKIP PGRI Sumenep dan dimeriahkan penampilan dari UKM Paduan Suara Bintang Sembilan.(*)

Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Nurul Hijriyah

Komentar