oleh

Stok Darah Cukup Dua Bulan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Berbagai upaya terus dilakukan Unit Donor  Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bangkalan, Madura, Jawa Timur dalam penyediaan stok darah. Salah satunya menggelar kegiatan donor darah di sejumlah tempat, diantaranya di Hypermart, Kodim 0829, Greja dan pasokan dari UTD PMI kota Surabaya.

“Allhamdulilllah dalam pekan ini, banyak relawan yang mendonorkan darahnya,” ujar Ketua Unit Donor Darah PMI Bangkalan, dr Edy Sunarto Senin (15/9/2014).

Dari kegiatan donor darah ini, sambung Edy, stok darah di UDD PMI, bisa mencukupi kebutuhan dalam 2 bulan kedepan. Dengan jumlah persediaan 292 kantong.

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, karena Stok darah disini masih banyak, dan darah yang ada di ruang cross match akan bisa memenuhi  selama dua bulan kedepan,” tuturnya.

Dijelaskan, ke 292 kantong darah tersebut meliputi golongan darah A sebanyak 86 katong, golongan darah B 94 kantong dan golongan darah O 93 kantong. Kemudian untuk golongan darah AB 19 kantong.

“Dari jenis stok darah tersebut, yang paling banyak golongan darah B dan O,” ungkapnya.

Dikatakan Edy, dalam satu bulan kebutuhan darah untuk Rumah Sakit hanya 100 kantong. Sedangkan untuk pukesmas di masing-masing kecamatan (18 kecamatan) hanya 50 kantong.

“Dari rincian tersebut, dalam satu bulan PMI hanya mendistribusikan 150 kantong saja,” pungkasnya. (dit/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.