oleh

Stok Darah di PMI Pamekasan Cukup, Golongan Darah O Paling Banyak

PortalMadura.Com, Pamekasan – Stok darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, di tengah pandemi Covid-19 masih cukup.

Kepala Unit Donor Darah PMI Pamekasan, dr. Achmad Syafirullah menjelaskan, ketersediaan darah saat ini mencapai 207 kantong. Dengan rincian, golongan darah O sebanyak 116 kantong, darah B sebanyak 74 kantong, darah A sebanyak 69 kantong dan golongan darah AB sebanyak 18 kantong.

“Alhamdulillah stok darah masih tercukupi meskipun saat ini masih ada dimasa pandemi Covid-19,” ungkapnya, Jumat (18/9/2020).

iklan hari santri

Dia menambahkan, tambahan darah terbaru dengan stok banyak adalah dari Satlantas Polres Pamekasan yang menyelenggarakan donor darah dalam rangka perayaan hari ulang tahun Satlantas, dan kegiatan donor darah di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata.

Menurutnya, pelaksanaan donor darah di tengah pandemi Covid-19 tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan cara memakai masker, face shield, jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan lain sebagainya.

“Kami lakukan kampanye donor darah untuk tetap menjaga stok darah stabil, kemudian kalau ada pasien butuh darah, maka kerabatnya disuruh melakukan donor agar ada stok darah yang masuk lagi,” pungkasnya.

Penulis : Marzukiy
Editor : Muthmainnatul Lizamah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.