oleh

Stok Darah PMI Sampang Menipis

SAMPANG (PortalMadura) – Banyaknya permintaan stok darah dari luar daerah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur membuat stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Sampang menipis.

Dari data PMI, darah golongan A saat ini sebanyak 10 kantong, B sebanyak 18 kantong, O sebanyak 24 kantong, dan AB sebanyak 12 kantong.

Admin Umum Dan Logistik PMI Cabang Sampang, Maya mengatakan selain banyaknya permintaan dari luar daerah, juga disebabkan vakumnya penggalangan donor darah.

“PMI sendiri lama tidak ada kegiatan donor darah,” kata Maya, Rabu (19/2/2014).

Selama ini, banyak agenda kegiatan yang dilakukan pendonor, karena untuk Kabupaten Sampang, pendonor masih didominasi oleh siswa dan siswi SMA.

“60 persen dari murid SMA, dan 40 persen sisanya para pejabat,” katanya.

Meski stok darah mulai menipis, Maya menjamin, untuk satu atau dua hari kedepan, pihaknya tidak akan kekurangan guna memenuhi kebutuhan darah RSUD Sampang, karena maksimal RSUD hanya membutuhkan 20 hingga 30 kantong darah per hari.

“Untuk memenuhi kebutuhan di RSUD kami masih aman kok, tapi kalau ada permintaan kami tidak bisa menyuplai,” tandasnya.(lora/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE