Suara Mesin Mobil Kasar, Ini 4 Penyebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Suara Mesin Mobil Kasar, Ini 4 Penyebabnya
Ilustrasi (Viva)

PortalMadura.Com – Mesin merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Oleh karena itu, wajib dirawat agar kinerjanya tetap optimal. Jangan sampai mengeluarkan suara berisik yang bisa mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Pengendara harus tahu apa saja penyebab suara mesin kasar, agar bisa mengantisipasi dan bisa memperbaiki komponen apa saja yang rusak dan perlu diperbaiki. Lantas, apa saja penyebabnya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com yang dikutip dari Auto2000, berikut ini penjelasannya:

Kompresor AC Mobil

Penyebab pertama suara mesin mobil menjadi kasar bisa jadi disebabkan dari kompresor AC mobil. Biasanya, komponen ini akan menimbulkan suara berisik dan kasar jika olinya sudah mulai habis.

Selain oli, faktor lainnya disebabkan karena banyaknya kotoran yang menyumbat di bagian dalam. Kalau memang Anda sudah lama tidak mengecek bagian AC, segera bawa ke bengkel dan lakukan flushing serta pembongkaran untuk melihat kondisi komponen di dalamnya.

Oli pada Mesin

Selain komponen kompresor AC mobil, faktor lainnya yang menyebabkan suara mesin mobil berbunyi kasar adalah oli mesin. Kamu wajib mengecek oli mesin secara rutin untuk memastikan jumlah olinya cukup tersedia dan dalam kondisi baik.

Nah, jika ditemukan oli yang sudah menipis atau kondisinya jelek tentu tidak akan melumasi mesin secara sempurna. Sehingga, suara mesin kasar akan muncul saat mobil dinyalakan atau melaju di jalan raya.

Belt atau Sabuk Kendaraan

Faktor selanjutnya yang menyebabkan timbul suara kasar pada mesin adalah belt atau sabuk kendaraan. Perlu diingat, yang dimaksud sabuk pengaman bukanlah yang ada di kursi penumpang, melainkan tali kipas penghubung antara satu pull dengan pull lainnya. Tali ini yang juga menghubungkan putaran kipas radiator dengan kompresor AC dan alternator.

Jika tali kipas bermasalah, maka ciri utamanya adalah timbul saat digas. Faktor yang menyebabkan tali kipas bermasalah karena ada kotoran tersumbat, komponen yang kering, hingga ukuran yang kurang pas.

Celah Katup Mesin

Faktor terakhir yang menyebabkan suara mesin menjadi kasar karena celah katup yang terlalu rapat ataupun longgar. Pada umumnya, katup mesin memiliki celah dengan ukuran 0,2-0,3 mm.

Namun, semakin tinggi frekuensi penggunaan kendaraan celah ini bisa longgar dan menyebabkan bunyi seperti logam bergesekan, karena batang katup saling bergesek dengan rocker arm. Hal yang sama juga terjadi jika celahnya terlalu rapat, nantinya akan terdengar bunyi kasar akibat batang katup terlalu menekan bagian katup lainnya.

Jika telah mengecek sejumlah komponen di atas dan suara mesin terdengar berisik dan kasar, ada baiknya Anda segera membawa mobil kesayangan Anda ke bengkel. Sehingga, mesin dapat diperbaiki sebaik mungkin dan masalah tersebut bisa selesai.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.