Subhanallah, Ini Hikmah Puasa Dalam Perspektif Syariat dan Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Subhanallah, Ini Hikmah Puasa Dalam Perspektif Syariat dan Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ibadah Ramadan memiliki banyak keutamaan, dan diantara keutamaan tersebut sebagian besar manfaat atau hikmahnya merupakan untuk diri kita sendiri. Hikmah berpuasa yang kita dapatkan ini tentunya berkaitan erat dengan amalan puasa yang kita jalani.

Amalan puasa ramadan bukan hanya menahan makan dan minum saja, melainkan juga menjalankan amalan ibadah Ramadan lainnya, seperti bersedekah, I'tikaf, Silaturrahmi, Menghindari diri dari yang haram, dll. Hikmah puasa Ramadan tidak hanya terkait aspek spiritual, tetapi juga aspek .

Hikmah Puasa Berdasarkan Perspektif Syariat:

Puasa Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Ketakwaan kepada Allah SWT
Puasa merupakan amal ibadah yang diperintahkan kepada orang-orang beriman. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (Q.S. Al-Baqarah: 183).

Melatih Mengendalikan Nafsu
Ketika sedang berpuasa, umat Islam harus menjaga diri dari hal-hal yang bisa membatalkan atau mengurangi nilai puasa. Misalnya makan, minum, atau bercinta dengan suami atau istri. Adapun hal-hal yang mengurangi nilai puasa, seperti marah, bergosip, dan berkata bohong.

Lapar membuat seseorang lebih mudah mengendalikan nafsu dan menahan diri dari hal-hal yang diinginkan oleh dirinya. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah: “Wahai para pemuda! Siapa yang sudah memiliki kemampuan (biologis maupun bekal materi), (bersegerahlah) menikah karena hal itu dapat menahan pandangan dan menjaga kemaluan. Bagi yang belum mampu (menikah), hendaklah dia berpuasa karena hal itu (menjadi) benteng baginya,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Mengasah Kepedulian Sosial
Jika di luar bulan Ramadan kita bisa makan tiga kali dalam sehari, selama bulan Ramadan kita diwajibkan menahan lapar dan haus selama belasan jam.

Puasa merupakan sarana Allah dalam mendidik kita agar turut merasakan kelaparan yang diderita oleh orang yang tidak mampu. Mereka tidak memiliki cukup uang untuk makan tiga kali sehari, bisa jadi mereka hanya makan satu kali sehari atau terpaksa berpuasa selama beberapa hari karena tidak ada bahan makanan yang sanggup mereka beli.

Sarana Mendapat Ampunan Allah SWT
Sebagaimana dalam sebuah hadis: “Barang siapa yang berpuasa Ramadan dengan penuh keimanan dan perhitungan, akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu dan barang siapa yang menegakkan Ramadan dengan penuh keimanan dan perhitungan, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Hikmah Puasa Berdasarkan Perspektif Kesehatan:

Detoksifikasi atau Mengeluarkan Racun dari dalam Tubuh
Di dalam tubuh, terdapat racun-racun dan zat sisa buangan. Selama berpuasa, kita dilarang mengonsumsi makanan dan minuman selama belasan jam. Selama itu pula, tubuh menggunakan cadangan lemak dan mengubahnya menjadi energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Bersama itu, terjadi proses pelepasan zat sisa buangan dan racun dari dalam tubuh yang terikat di dalam lemak. Zat racun itu dibuang melalui tinja, urine, dan keringat.

Menurunkan Berat Badan
Berkurangnya porsi dan intensitas makan membuat tubuh menggunakan cadangan lemak. Puasa sangat membantu kita dalam menurunkan berat badan agar lebih sehat.

Mempertajam Pikiran
Ketika sedang berpuasa, jumlah hormon kortisol menurun. Hal ini menyebabkan orang yang berpuasa lebih mampu menghadapi stres. Ketika hati dan pikiran tenang, orang yang berpuasa lebih tajam pikirannya dalam menyelesaikan masalah dan lebih produktif.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Ketika sedang berpuasa, tubuh memproduksi lebih banyak limfosit atau sel darah putih. Bahkan saat berpuasa, jumlah limfosit naik menjadi sepuluh kali lipat. Sel darah putih berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu tubuh untuk melawan infeksi, dan membunuh kuman. (abiummi.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.