Subhanallah, Ini Manfaat Makan Menggunakan Tiga Jari Tangan Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Subhanallah, Ini Manfaat Makan Menggunakan Tiga Jari Tangan Bagi Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Rasulullah telah banyak memberikan contoh hidup sesuai dengan syariat Islam. Salah satu sunah Rasulullah adalah menggunakan jari tangan dan menjilati jari setelah makan. Bahkan, Rasulullah makan dengan menggunakan tiga jari.

Sebagaimana dalam sebuah hadis, dari Ka'ab bin Malik r,a dia berkata: “Rasulullah makan dengan tiga jari, dan beliau menjilatinya sebelum mencuci tangannya,” (HR. Muslim no. 2032).

Berdasarkan penelitian ilmiah, ada beberapa manfaat makan dengan bagi .

Berikut tiga manfaat makan dengan menggunakan tiga jari tangan bagi kesehatan:

Dapat Mencegah Diabetes Tipe 2
Sebagaimana dipahami, orang-orang yang makan dengan cepat akan beresiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Apabila Anda menggunakan garpu dan pisau, maka Anda akan makan lebih cepat daripada makan dengan tangan Anda.

Meningkatkan Kinerja Sistem Pencernaan
Makan dengan jari-jari tangan dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Karena ketika Anda mencuci tangan dengan sabun, semua bakteri jahat dibasmi. Sedangkan bakteri baik tetap ada di tangan Anda, yang tentunya bisa berdampak positif untuk usus Anda.

Mencegah Makan Terlalu Banyak
Orang-orang yang makan dengan tangan, relatif memiliki berat badan yang lebih seimbang karena mereka tidak makan terlalu banyak. Cara makan seperti ini dianggap sebagai cara paling aman untuk mempertahankan berat badan normal.

Selain ketiga manfaat di atas, dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan, Dr Charles Gerba dari University of Arizona, dikatakan bahwa kita tidak mungkin menghalangi kuman dan bakteri untuk masuk ke dalam lingkungan kita. Namun, kita bisa mencegah kuman dengan cara mencuci tangan setiap sebelum dan selesai melakukan aktivitas.

Makan dengan menggunakan tangan terbukti lebih menyehatkan. Karena dalam tangan, terdapat enzim RNAse yang dapat mengikat bakteri, sehingga tingkat aktivitasnya sangat rendah ketika masuk bersama makanan ke saluran pencernaan tubuh. Enzim ini selalu terkandung dalam jari-jari dan telapak tangan manusia. (islamidia.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.