Subhanallah, Inilah Manfaat Luar Biasa Berwudu Sebelum Tidur Menurut Hadis Rasulullah

Avatar of PortalMadura.Com
Subhanallah, Inilah Manfaat Luar Biasa Berwudu Sebelum Tidur Menurut Hadis Rasulullah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Wudu merupakan syarat wajib yang harus dilakukan umat Islam sebelum melaksanakan salat. Selain bernilai ibadah, ternyata berwudu juga memiliki sangat besar jika dilakukan ketika akan tidur.

Sebagaimana sabda : “Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berkata' Ya Allah ampunilah hamba-Mu sifulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci,“ (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar ra).

Bahkan, tidak sedikit pakar kesehatan dunia yang menganjurkan agar kita mencuci kaki mulut dan muka , mengapa demikian?. bukankah itu termasuk dari bagian jika orang berwudu?. Dari segi jasmani, setidaknya, ada dua manfaat berwudu sebelum tidur menurut ulama fikih dan medis.

Berikut dua manfaat berwudu sebelum tidur:

Menenangkan Otot-otot Sebelum Beristirahat
Mungkin tidak terlalu banyak penjelasan mengenai hal ini, tapi bisa dibuktikan dalam ilmu pengobatan bahwa percikan air wudu itu merupakan suatu cara untuk mengendurkan otot-otot yang kaku dalam beraktivitas. Sehingga, jika seseorang itu telah melakukan wudu, maka fikiran kita akan terasa tenang, badan tidak akan terasa letih.

Mencerahkan Kulit Wajah
Wudu dapat mencerahkan kulit wajah, karena kelebihan dari wudu ini dapat menghilangkan kotoran dalam kulit. Kotoran-kotoran yang melekat pada kulit wajah kita akan segera hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih. (tribunnews.com/Salimah)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.