oleh

Sudah 10 Penderita, Masyarakat Diminta Waspada Serangan DBD

PortalMadura.Com, Sumenep – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Madura, Jawa Timur menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap serangan Demam Berdarah Dengue (DBD) yang selalu mengintai.

“Di musim hujan ini kami minta masyarakat lebih waspada terhadap serangan DBD, karena di bulan Desember dan Januari rawan DBD,” kata Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan, Sumenep, Dwi Regnani, Kamis (8/1/2015).

Menurut Regnani, untuk bulan Januari 2015 ini sudah ditemukan 10 penderita DBD, tapi jumlah ini masih bisa bertambah karena di bulan ini memang rawan-rawannya terjadi DBD.

“Untuk itu, masyarakat perlu mengantisipasi dengan tindakan lebih dini, bukan mengandalkan pengasapan saja,” ujarnya.

Ia menegaskan, di tahun 2014, jumlah penderita DBD dalam setahun sebanyak 216 orang. Dibulan Desember saja sebanyak 69 orang.

“Jadi, diakhir tahun lalu memang tinggi dan Januari 2015 ini juga pasti terus ada peningkatan, karena musim hujan,” imbuhnya.

Kendati demikian, peningkatan penderita DBD ini bisa ditekan dengan cara menguras tempat air sekali dalam seminggu, jika tidak bisa, tempat air itu diberi ikan agar bersih dari jentik.

“Solusinya bukan hanya fogging, tapi sering menguras tempat air atau memberi ikan,” ungkapnya.

Ia menegaskan, kantong penderita DBD saat ini di Kecamatan Lenteng, Saronggi, Talango dan Pinggir Papas.

“Peningkatan penderita DBD ini sesuai dengan prilaku dan lingkungan masyarakat yang masih kurang dipedulikan,” tukasnya. (arifin/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE