oleh

Sukses, 1.162 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB Unija Via Daring

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebanyak 1.162 mahasiswa baru mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Wiraraja (Unija), Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (21/9/2020).

Bertajuk “Mewujudkan Program Merdeka Belajar di Era New Normal“, PKKMB sukses digelar melalui (via) daring. Ada 14 mahasiswa yang terpilih mewakili mereka dan hadir langsung pada pembukaan PKKMB bertempat di Graha Sumekar Unija.

Rektor Unija, Dr. Sjaifurrachman mengajak mahasiswa baru untuk bersama-sama berkontribusi membangun Unija dengan menjadi mahasiswa yang percaya diri, tangguh serta berani dalam mewujudkan cita-cita sesuai bidang keilmuan masing-masing.

“Kami harap, mahasiswa baru ini agar menjadi panutan dalam kehidupan bermasyarakat ditingkat global, maka jadilah generasi berkualitas, tunjukkan prestasinya dan banggalah menjadi mahasiswa Unija,” katanya pada sambutan pembukaan PKKMB Unija.

PKKMB Unija Via Daring
PKKMB Unija Via Daring (Foto. Joni Suhartono @portalmadura.com)

Ia menyebutkan, berdasarkan klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Unija peringkat 156 dari 2.136 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

“Dan di Madura merupakan perguruan tinggi swasta terbaik,” tandasnya.

Pada pemeringkatan bidang kemahasiswaan perguruan tinggi non vokasi, Unija berada pada peringkat 84 dengan total nilai 26,09. Pencapaian ini, kata dia, karena adanya sistem dan sinergi seluruh civitas akademika yang baik dalam menghasilkan karya.

Saat ini, Unija memiliki 15 program studi dan pada tahun 2020 bertambah menjadi 16 program studi. Sedangkan akreditasi program studi sebagian besar telah terakreditasi B dan untuk program studi sarjana hukum telah terakreditasi A.

Sjaifurrachman mengungkapkan, sejalan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, perguruan tinggi memberi hak kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman terbaik (best experiences) tidak hanya di kampus sendiri.

Tetapi, kata dia, juga di kampus yang berbeda, bahkan di lembaga luar kampus. “Kesempatan ini terbuka luas bagi semua mahasiswa untuk memperkaya, memperdalam, dan meningkatkan wawasan, kompetensi, soft skill maupun hard skill di dunia nyata sesuai dengan potensi, bakat, minat, spirit, dan cita-cita, terutama di era new normal.

“Cita-cita kami, menjadikan mahasiswa tangguh, adaptif dan selaras dengan kebutuhan zaman serta menjadi lulusan yang berkualitas, profesional dan siap menjadi pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian secara konsisten dapat terwujud,” tandasnya.

Sementara, Presiden Mahasiswa Unija, Ebit Abidillah menegaskan, mahasiswa adalah tongkat estafet penerus bangsa. “Kalian adalah orang-orang hebat untuk meneruskan pendidikan tinggi sebagai mahasiswa,” katanya memberi semangat.

“Bergeraklah selagi kamu bisa, hilangkan ego. Lebarkan sayap kalian, kalianlah pemuda yang akan membawa nama baik Unija di kanca internasional,” katanya.

Pada pembukaan PKKMB Unija via daring ini juga diikuti semua civitas akademika Unija dan menghadirkan nara sumber via zoom, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Dr. Nurul Ghufron.

PKKMB

PKKMB Unija dijadwalkan berlangsung selama tiga hari sejak hari ini, Senin sampai Rabu (21-23/9/2020).(*)

Penulis : Hartono
Editor : Dwi Oktaviana KK

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.