oleh

Sumenep Bangun Jaringan Listrik dan kWh Gratis Bagi Warga Miskin

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur meluncurkan program pembangunan jaringan listrik dan kWh (kilowatt hour) gratis bagi warga kurang mampu.

“Itu program kami pada APBD perubahan,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli, Rabu (16/12/2020).

Pihaknya mengakui jika beberapa dusun di daratan ada yang belum terdapat jaringan listrik. Bahkan, dusun dekat wilayah kota belum menikmati listrik.

Ikhtiar yang dilakukan pemerintah daerah, melakukan kerjasama atau sinergi dengan pihak PLN untuk pemenuhan listrik.

Maka, dipenghujung tahun 2020 ini, pihaknya sudah membangun jaringan listrik dibeberapa dusun. Di antaranya, Dusun Barat Sungai Desa Patean, Dusun Lamojang Desa Pordapor, Kecamatan Guluk-Guluk.

Selain itu, di Dusun jambagan Desa Bakeong, Guluk-Guluk, Dusun Durbugan dan Opelan Desa Bilapora Barat, Kecamatan Ganding. “Sebagian sudah tersambung. Ada yang masih proses oleh PLN,” terangnya.

Program lainnya, yakni penyambungan kWh gratis kapasitas 450 VA (volt ampere) bagi warga kurang mampu, baik di darat maupun kepulauan. “Jumlahnya, mencapai 700-an kWh,” katanya.

Sasaran di kepulauan, meliputi Kecamatan Raas, Gayam, Nonggunong, Giliyang dan Giligenting.

“Itu semua tentu untuk meningkatkan kesejahteraan warga kurang mampu. Sebab, salah satu indikatornya adalah pemenuhan listrik,” tandasnya.(*)

Penulis : Hartono
Editor : Lisa Mana L

Komentar