oleh

Sumenep Bangun Kolam Retensi, Ini Manfaatnya

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sedang membangun Kolam Retensi dengan nilai anggaran sebesar Rp 900 juta bersumber dari APBD kabupaten.

Apa manfaatnya?. Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat (PUPR) dan Cipta Karya, Kabupaten Sumenep, Bambang Iriyanto menjelaskan, kolam retensi merupakan solusi jangka panjang untuk mengatasi banjir.

“Itu akan menampung air hujan secara langsung dan aliran air dari sistem drainase untuk kemudian diresapkan ke dalam tanah. Karena berfungsi sebagai resapan buatan, maka kolam retensi dibuat pada bagian yang paling rendah dari lahan,” terang Bambang Iriyanto, Rabu (25/4/2018).

Letaknya di area Perumahan Satelit. Dijelaskan, fungsi lain kolam retensi yakni pengendali banjir dan penyalur air, pengolahan limbah. “Kolam retensi dibangun juga dapat menampung dan mentreatment limbah sebelum dibuang,” katanya.

“Kolam retensi itu juga akan dilengkapi dengan mesin pompa air. Sehingga ke depan tidak lagi terjadi genangan air seperti yang dikeluhkan warga selama ini. Ini salah satu usaha yang kita lakukan,” jelasnya.

Solusi lain yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk mengatasi banjir yakni normalisasi drainase di tiga lokasi. Drainase di Jl. Gapura menuju Kali Patrian dengan anggaran senilai Rp 4 miliar.

Selain itu, pembangunan saluran mulai MTs N -Koramil menuju kali Patrian, dengan anggaran Rp 800 juta, dan pembangunan Drainase di Jl. Kartini dan Jl. Jati Mas Emas menuju Kali patrian dengan anggaran sebesar Rp650 juta.(Hartono)


Komentar