oleh

Sumenep Gagas Penerbangan Antar Pulau

PortalMadura.Com, Sumenep – Guna mendukung peningkatan perekonomian warga Kepulauan yang selama ini  terkendala alat transportasi laut, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur berencana membuka penerbangan pesawat komersial antar Pulau melalui Bandara Trunojoyo setempat.

Setelah Pemkab bekerja sama dengan maskapai Trigana Air mengenai penerbangan BandaraTrunjoyo untuk pesawat Komersial dengan Rute Sumenep-Surabaya-Bali-Bawean dan Pagerungan Sapeken, kini Pemkab berencana membuka penerbangan antar Pulau yang diawali dari Sumenep-Kangean.

“Saat ini kami bersama Paskas TNI AU dan Tim Navigasi Lanud Abdurahman Saleh Malang mulai melakukan survey lokasi yang akan dijadikan landasan penerbangan di Kangean,” kata Bupati Sumenep, A Busyro Karim usai Rapat Kordinasi dan Gelar Peralatan Persiapan Penerbangan Sumenep Kangean, Jum’at (11/4/2014).

Dia menjelaskan, Tim Survey Lokasi itu juga melibatkan Instansi tekhnis di lingkungan Pemkab setempat termasuk Satker Bandara dan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Kami juga melibatkan instansi pemkab, satker Bandara dan BPN dalam melakukan survey bandara,” ujarnya.

Dia memaparkan, jika dari hasil survey didua lokasi yang direkomendasi Pemkab, yakni diwilayah Desa Kalinganyar dan Geleman, Kecamatan Arjasa itu salah satunya dinyatakan layak, maka pihaknya langsung akan menetapkan, agar proses pembangunannya melalui APBD lebih cepat, sehingga Pertengahan Ramadhan diharapkan bisa beroperasi bersamaan dengan penerbangan ke daerah lainya oleh Trigana Air.

“Kami menginginkan pertengahan Ramadan juga bisa dilalui,” terangnya.

Bupati menegaskan, landasan penerbangan Bandara antar Pulau di Arjasa itu tidak membutuhkan run way terlalu panjang dan tebal, karena pesawat yang digunakan rencananya berkapasitas 19 Seat.

“Tujuannya, selain memperlancar transporasi, juga peningkatkan perekonomian warga kepulauan yang memiliki banyak potensi khususnya di kelautan,” tegasnya. (arif/htn)


Komentar