Sumenep Gelar Kontes Seni Suara Ayam Bekisar Tingkat Nasional

Avatar of PortalMadura.Com
Sumenep Gelar Kontes Seni Suara Ayam Bekisar Tingkat Nasional
Ayam Bekisar (Foto: Ist)

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar kontes seni suara tingkat nasional, Minggu (22/7/2018).

Even yang merupakan rangkaian 2018 itu, bertempat di lapangan timur Stadion GOR A Yani, Panglegur Sumenep. Lomba dimulai pukul 08.00 WIB.

“Alhamdulillah, peserta sudah lebih dari 200 yang berasal dari berbagai daerah. Seperti, Jakarta, Surabaya, Trenggalek, Malang dan Jabar,” terang Kepala Disparbudpora Sumenep, Sufiyanto, Sabtu (21/7/2018).

Dijelaskan, ada tiga kategori yang dilombakan, yakni pemula, madya, dan utama. “Fokus penilaiannya pada seni suara,” katanya.

Selain itu, ada lomba tambahan ayam buras yang pesertanya juga banyak. “Penggemar ayam buras ini juga banyak sehingga dijadikan lomba tambahan,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, lomba seni suara ayam bekisar merupakan usaha pemerintah daerah untuk mengingatkan dan mengembalikan citra, bahwa bekisar adalah asli Sumenep.

“Bekisar menjadi maskot Jatim. Kita perlu mengingatkan dan menyelamatkan ayam bekisar memang murni dan asli Sumenep,” ungkapnya.

Sebagai wujud kepedulian, selain lomba juga ada praktek penangkaran ayam bekisar yang akan dipragakan oleh warga kepulauan Kangean Sumenep.

“Bagaimana penangkaran ayam bekisar yang benar dan alami, juga akan disajikan langsung oleh peternak asal kepulauan. Tujuannya agar bekisar tidak punah dan tetap murni,” katanya. (Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.