Sumenep Kuatkan Ekonomi Berbasis Kawasan Lewat Santri dan Pemuda

Avatar of PortalMadura.com
Sumenep Kuatkan Ekonomi Berbasis Kawasan Lewat Santri dan Pemuda

PortalMadura.Com, – Peningkatan kesejahteraan warga melalui penguatan ekonomi berbasis kawasan dari hulu ke hilir menjadi perhatian pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Salah satunya, membuka ruang seluas-luasnya bagi kalangan muda dan santri menunjukan kreatifitasnya dengan memberi akses yang cukup.

Pada Senin (12/7/2021) bertajuk “Santri Millenial Entrepreneur” telah dibuka kegiatan wirausaha muda pemula tahun 2021 yang merupakan wujud visi-misi Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

“Terobosan ini untuk membangun kreatifitas kalangan santri dan para pemuda yang memiliki jiwa entrepreunership sehingga siap menghadapi peluang ekonomi global secara digital,” kata Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, dalam sambutannya melalui virtual.

Salah satu tujuan program wirausaha muda pemula ini untuk menghasilkan wirausaha muda dari kalangan santri dan alumni santri serta tenaga yang aktif di pondok pesantren guna mengelola potensi yang ada di sekitar pondok pesantren atau pada desa masing-masing dalam hal digitalisasi guna menyongsong industrialisasi 4.0.

“Selain itu untuk membangun jejaring bagi para santri dan alumni yang aktif di pondok pesantren dalam mengelola usaha baik secara mandiri atau bersama-sama atau mendirikan satu sistem jaringan pengembangan usaha santri millenial entrepreneur,” paparnya.

Dengan begitu, pada perkembangannya, setelah para santri dan pemuda mendapat pelatihan kewirausahaan dan mulai bisa merintis usahanya, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumenep akan meningkat.

Kegiatan wirausaha muda pemula ini akan ditekankan pada empat pelatihan yakni, digital marketing dan otomotif; desain animasi; produk pangan; dan pelatihan skill individu.

Kegiatan yang dibagi menjadi empat plasma tersebut akan melibatkan sekitar 500 wirausaha muda pemula utusan dari pondok pesantren, desa untuk pengembangann BUMDes, serta utusan dari kecamatan.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.