oleh

Sumenep Punya “Barokah Tani” Tempat Jualan Online Milik Pemerintah Daerah

PortalMadura.Com, Sumenep – Inovasi terbaru yang digagas Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur adalah tempat jualan via online.

Namanya “Barokah Tani” yang aplikasinya dapat diunduh di play store secara gratis. Aplikasi ini dirancang untuk pelaku usaha warga Sumenep.

“Di tahun pertama ini gratis buat para pelaku usaha yang akan berjualan via online,” terang Kepala Dispertahortbun Sumenep, Bambang Heriyanto melalui Kabid Bina Usaha, Mohammad Ali Ridlo, pada PortalMadura.Com, Jumat (29/3/2019).

Semua produk usaha milik warga Sumenep bebas di tawarkan di aplikasi tersebut. Syaratnya, produk yang sudah teregister, misalnya dari Dinas Kesehatan, dan tercantum kadaluarsanya.

“Semua produk itu tetap dilakukan verifikasi. Artinya, makanan benar-benar memenuhi standart izinnya, misalnya dari Dinas Kesehatan,” terangnya.

Pada tahun pertama, pihaknya menargetkan khusus produk usaha milik warga Sumenep yang memenuhi syarat dapat tercantum atau di pasarkan pada aplikasi tersebut. “Kedepannya, bisa saja produk usaha luar daerah dapat di pasarkan juga melalui aplikasi itu,” jelasnya.

Loading...

Pembuatan aplikasi yang dananya bersumber dari APBD juga ditargetkan dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Kalau sudah ada hasil, tentunya harus berdampak positif terhadap peningkatan PAD. Kalau sekarang ya masih gratis,” ucapnya.

Dalam aplikasi “Barokah Tani” ini, penjual dan pembeli dapat melakukan hal ini:

Aplikasi Barokah Tani

Penjual dapat;
1. Upload/ release barang yang ingin dijual/ dipasarkan.

2. Melihat dan mengelola data penjualan/ order penjualan atas barang-barangnya sendiri.

3. Berkomunikasi sendiri langsung dengan pembeli.

Sedangkan Pembeli dapat;

1. Memilih dan menentukan jumlah barang yang akan dibeli.

2. Melihat dan mengelola data riwayat pembelian yang pernah dilakukan.

3. Berkomunikasi langsung dengan penjual.

Dapatkan aplikasi Barokah Tani, KLIK DISINI


Penulis : Putri Kuzaifah
Editor : Hartono

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar