Sumenep Rencanakan Launching Satu Data Awal Agustus 2022

Avatar of PortalMadura.com
Sumenep Rencanakan Launching Satu Data Awal Agustus 2022
Yayak Nurwahyudi (Nor Fitriyah @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, merencanakan awal Agustus 2022 akan launching program Satu Data Indonesia.

“Rencana launching itu sebagai percontohan buat OPD. Tapi, bukan semua data,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep Yayak Nurwahyudi, Rabu (13/7/2022).

Satu Data Indonesia merupakan program pemerintah pusat yang bertujuan agar data tidak tumpang tindih dan terjaga integritas serta metadatanya.

Menurut Yayak, sapaan akrab Yayak Nurwahyudi, data adalah hal yang mutlak untuk disediakan. Namun, bukan berarti saat ini tidak punya data.

“Data-data itu sudah ada. Tetapi, kemudian data itu kita tata ulang. Disediakan lagi lebih tervalidasi dan akurat,” ungkapnya.

Proses tata ulang itu, kata dia, pihaknya sudah membangun komitmen bersama antar organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Baca Juga:  Dua Jenis Virus Serang Udang Tambak Sumenep

Sedangkan tahapan yang akan dilakukan, mulai dari perencanaan data, pengumpulan data, proses klarifikasi data. “Kemudian penampilan atau publikasi data itu sendiri,” ujarnya.

“Misalnya data garam. Produksinya berapa?. Katakanlah 400 ton, dimana saja?. Maka wilayahnya itu yang akan diketahui. Misalnya, di Kalianget itu dimana, di Saronggi dimana?. Begitu kira-kira gambarannya,” pungkas Yayak.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.