Sumur Bor Semburkan Api, ESDM : Jangan dibuat bakar jagung, bahaya!

Avatar of PortalMadura.com
Sumur Bor Semburkan Api, ESDM : Jangan dibuat bakar jagung, bahaya!
Sumur bor milik warga Sumenep Madura menyeburkan api dan air keruh (Foto. Istimewa for PortalMadura.Com)

PortalMadura.Com, – Kantor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menduga, sumur bor milik warga yang menyemburkan api mengandung gas mitan.

Dugaan tersebut didasarkan pada peristiwa serupa yang terjadi di sejumlah lokasi di wilayah Sumenep, seperti di Kecamatan Manding, Rubaru dan Kecamatan Pasongsongan.

“Jangan dibuat untuk bakar ikan atau jagung di api gasnya, kuatir beracun,” terang Kepala Kantor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Sumenep, Abd. Kahir pada PortalMadura.Com, Kamis (14/2/2019) malam.

Sumur bor milik H. Ilyas (60), di Dusun Jandir, Desa Batang-batang Laok, Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep menyemburkan api dan air keruh mendidih.

Sumur dengan kedalaman kurang lebih 35 meter itu rencananya untuk memenuhi kebutuhan air bersih di daerah itu.

Tonton : VIDEO – Penampakan Sumur Bor Semburkan Api di Sumenep

Baca Juga : Gali Sumur, Warga Gadding Sumenep Temukan Semburan Bau Karbit

Kahir juga mengingatkan agar masyarakat tidak berdiri lama di dekat semburan tersebut, sebab tidak menutup kemungkinan akan menghirup udara bercampur racun di dekat lokasi.

“Sebaiknya, lubang dipasang paralon ukuran cukup besar dan tinggi dengan posisi berdiri agar gas menguap ke udara. Masyarakat saya sarankan tenang dan jangan main api di atas gas itu,” jelasnya.

Menurut dia, biasanya berapa hari kemudian, tekanan gas akan berkurang. “Pemilik sumur bor sebaiknya menutup lubang bor dengan batu dan semen cor,” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.