oleh

Sungai Pengairan Tak Berfungsi, Ratusan Petani Gelar Aksi

PortalMadura.Com, Bangkalan – Ratusan petani dari Desa Bilaporah dan Desa Jeddih, Kecamatan Socah, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, menggelar aksi protes disepanjang sungai yang sudah kering dan tak berfungsi untuk pengairan sawah mereka, Jum’at (6/6/2014).

“Sudah 4 tahun lebih sungai ini tidak berfungsi. Ratusan hektar sawah petani tidak tergarap. Sehingga petani terancam kekurangan pangan,” kata Kades Bilaporan, Kecamatan Socah, Masri Moci, kepada sejumlah wartawan, ketika mendampingi para petani yang menggelar aksi.

Aksi protes tersebut terpaksa dilakukan karena tidak ada tanggapan dari dinas terkait dan apabila aksi yang dilakukan kali ini tidak segera ada tanggapan dari dinas terkait. Petani akan kembali menggelar aksi besar-besaran.

Loading...

“Sekarang waktunya petani memerlukan air karena waktunya memupuk padi, jika tidak ada air maka tanaman padi yang ada akan kering,” ungkapnya.

Terpisah, Kabid Bina Irigasi dan Pemanfaatan Air PU Bina Marga,  Abdul Rahman mengatakan, sungai di hulu yang ada di Tujung Selatan sedimennya tinggi dan sudah dilakukan pengerukan dari ABPD Jatim dan dikerjakan tahun 2013 lalu. kendalanya, petani cara mengambil air tidak berkoordinasi dengan pengairan.

“Ada sawah yang dulunya tadah hujan sekarang minta dialiri air, sehingga kami banyak kehilangan air dan tidak sampai ke hilir, volume air tidak cukup, dan sering adanya kebocoran saluran air,” pungkasnya. (atc/htn)





Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar