oleh

Supaya Si Kecil Mandiri Ajari Kebiasaan Sederhana Ini!

PortalMadura.Com – Mengajarkan kemandirian kepada anak tentu tidak dapat dilakukan secara instan, Anda harus mengajarkannya sedini mungkin bahkan ketika anak masih berusia 2 atau 3 tahun.

Pada dasarnya untuk melatih kemandirian pada anak usia dini bisa dilakukan dengan membiasakan melakukan kegiatan-kegiatan kecil yang bersifat sederhana. Nah, tindakan tersebut menjadi awal terbentuknya kemandirian pada anak.

Nah, berikut ini kebiasaan sederhana untuk membentuk kemandirian pada anak.

Merapikan Tempat Tidur
Ajarkan pada anak untuk selalu merapikan tempat tidurnya setelah ia bangun. Misalnya melipat selimut, menata rapi bantal dan guling. Tidak masalah jika memang dalam merapikannya masih belum sempurna, yang terpenting adalah anak dapat terbiasa melakukannya. Untuk masalah tingkat kerapiannya tentu akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Mengambil Makanan Sendiri
Sikap kemandirian juga bisa Anda ajarkan di meja makan. Biarkan si kecil untuk mengambil makanan sendiri dan jangan selalu menyuapinya. Dalam hal ini yang perlu Anda lakukan adalah mengajarkan cara mengambil makanan yang baik dan sopan. Selain itu, ajarkan juga etika dan cara makan yang baik pada anak.

Jika pada usia balita si kecil sudah bisa makan sendiri maka hal ini menunjukan bahwa kemandirian anak sudah mulai terbentuk dengan baik. Yang perlu Anda lakukan yaitu memantau perkembangan sikap tersebut dengan selalu mengajarkan hal-hal baik pada anak.

Meletakkan Mainan pada Tempatnya
Jika si kecil biasanya hanya meninggalkan mainannya begitu saja dalam keadaan yang berantakan, cobalah untuk mengajak dan mengajarinya merapikan mainannya. Untuk memudahkan melakukan hal ini, sebaiknya Anda menyediakan rak mainan atau kotak tempat mainan yang mudah dijangkau anak. Dengan demikian akan memudahkan ia untuk mengambil sekaligus mengembalikannya ke tempat semula.

Hindari mengomeli ataupun memarahi anak ketika tidak sesuai dengan harapan kita, karena anak juga perlu proses dan kitapun harus bersabar dalam mendidik dan mengasuh agar anak mandiri. (solusisehatku.com/choir)


Komentar