oleh

Suramadu Festival Jadi Ajang Pengenalan Seni Budaya Madura

PortalMadura.com, Bangkalan – Tari Topeng Dalang ikut serta memeriahkan pegelaran Suramadu Festival yang diselenggarakan di Desa Patapan, Kecamatan Labang, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Minggu (21/5/2017).

Salah satu panitia asal Sumenep, Ong Fathur Gesper, menjelaskan, biasanya tari topeng dalang ditampilkan untuk menyambut tamu kehormatan dan perayaan hari hari tertentu.

“Biasanya dipakai untuk peringatan budaya, syukuran adat, dan perayaan lainnya seperti syukuran budaya dan semacamnya,” terangnya.

Acara yang yang melibatkan empat kabupaten yang ada di Madura tersebut, juga sebagai ajang pertunjukan seni budaya yang dimiliki Madura, sepeti seni hadrah dari Sanggar Nurul Hikmah dan seni saronen dari putra mahkota dari Kabupaten Sumenep.

Sementara itu, dari Kabupaten Sampang menampilkan seni hadrah dari bintang sembilan, seni musik duk duk.

Bangkalan yang menjadi tuan rumah, menampilkan tarian lalampang yang dari sanggar tarara dan tarian Suramadu dari sanggar Plat M.

Tidak hanya itu, Kabupaten Pamekasan juga ambil bagian dalam pagelaran budaya tersebut, dengan menampilkan tari gengan moronggi yang dari sanggar makan Ateh Pamekasan.

Ketua Panitia, Sarbini Gazali, menjelaskan, acara tersebut sebagai ajang pengenalan seni dan budaya yang ada di Madura.

Kegiatan dengan tema “Madura Bersatu Dalam Seni dan Budaya” tersebut juga menghadirkan artis ibu kota, antara lain Yus Yunus, Jony Iskandar, Irwan D’Akdemy 2 dan Rani Rusdi untuk menghibur masyarakat Madura.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Bangkalan Mondir Rofii, Wakil Ketua BPK RI Achsanul Qosasi, Menteri Pemudah dan Olahraga Imam Nahrawi dan beberapa Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) di semua Kabupaten di Madura.(Hamid/Har)


Komentar