Wisata  

Syarat dan Cara Membuat Visa Perjalanan Schengen

Avatar of PortalMadura.com
Syarat dan Cara Membuat Visa Perjalanan Schengen
Ilustrasi (lifepal.co.id)

PortalMadura.Com – Apakah Anda mengenal apa itu asuransi perjalanan Schengen? Produk ini merupakan bagian dari asuransi perjalanan khususnya dalam lingkup Internasional di Eropa.

Namun, untuk mendapatkannya, Anda wajib memiliki visa Schengen agar memudahkan untuk mengunjungi 26 negara anggota Uni-Eropa dan non Uni Eropa.

Memiliki asuransi perjalanan Schengen akan memberikan banyak keuntungan, sebab Anda juga mendapatkan asuransi kesehatan umum sekaligus. Jika masih ragu, maka bandingkan asuransi kesehatan dengan modifikasi terbaik pada asuransi perjalanan.

Pertanyaannya kini, apa saja syarat dan cara pembuatannya? Kali ini kami akan membahasnya secara lengkap dan detail pada artikel berikut.

Ketahui Syarat Pengajuan Asuransi Perjalanan Schengen

Ingin melakukan perjalanan luar negeri dengan aman dan mudah? Anda tentu membutuhkan yang namanya visa.

Di mana formulir permohonan pengajuan visa pada asuransi perjalanan Schengen, dapat Anda simak pada pembahasan berikut ini :

  • Pertama, pastikan Anda mendapatkan formulir permohonan visa untuk perjalanan Schengen. Caranya yaitu dengan mengunduhnya pada situs resmi milik kedutaan besar negara yang ingin Anda kunjungi. Pastikan untuk mengisinya secara lengkap dengan identitas asli.
  • Syarat berikutnya yang harus Anda persiapkan adalah 2 buah foto. Untuk ukurannya sendiri yaitu 3,5 x 4,5 cm, head foto 70-80 persen dari foto, latar belakang warna cerah dan tidak memiliki pola, foto menghadap kamera secara langsung.
  • Pastikan Anda memasang ekspresi wajah senetral mungkin (Tidak senyum dengan mulut tertutup), dan juga tidak menggunakan seragam atau waran yang sama dengan background.
  • Paspor dengan masa berlaku minimal 3 bulan
  • Bukti tiket penerbangan
  • Memiliki polis asuransi perjalanan dengan jaminan risiko penyakit, kecelakaan, dan pemulangan jenazah apabila meninggal dunia
  • Bukti akomodasi
  • Bukti finansial dalam bentuk rekening koran 3 bulan terakhir. Beberapa negara mensyaratkan minimum uang di rekening senilai Rp30 juta.
  • Surat sponsor (pelengkap) yang didapatkan dari orang lain yang tinggal di negara tersebut dan memberikan jaminan atas financial di luar negeri. Anda juga membutuhkan pernyataan bank dari pihak sponsor.

Cara Membuat Visa Schengen

Apabila keseluruhan berkas persyaratan asuransi perjalanan Schengen telah Anda persiapkan dengan baik.

Kini saatnya untuk membuat visa perjalanan dari Schengen, di antaranya:

1. Tetapkan Waktu Pengajuan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuat visa adalah menetapkan waktu pengajuan. Setidaknya, Anda bisa melakukan pengajuan asuransi perjalanan Schengen tiga pekan sebelum keberangkatan.

Namun, bila masih repot, Anda bisa mempersempitnya menjadi 15 hari kerja sebelum keberangkatan.

Tetapi, jika Anda bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum berangkatan justru akan mempermudah urusan.

2. Temu Wawancara

Berikutnya, Anda juga membutuhkan janji temu untuk wawancara baik secara online maupun offline. Anda bisa menyesuaikan tanggal dengan jadwal kosong yang dimiliki.

Setelah itu, Anda akan menerima waktu antrian yang bisa dibaca pada email masuk. Jika jadwal sudah terdaftar, pastikan Anda tidak meninggalkan sesi wawancara sesuai tanggal yang ditetapkan.

3. Mendatangi Konsulat

Cara pengajuan visa asuransi perjalanan Schengen selanjutnya yaitu dengan mendatangi Kedubes atau konsulat negara tujuan.

Jika Anda menghendaki untuk berkunjung pada dua negara Schengen, maka bisa mengajukan visa ke negara tujuan pertama atau yang paling lama ingin dikunjungi.

4. Melengkapi Dokumen

Dokumen merupakan prasyarat resmi dan penting untuk membuat kelancaran Anda dalam melakukan perjalanan berhasil dilakukan.

Adapun beberapa dokumennya meliputi formulir, bukti keuangan, bukti reservasi, hingga tiket untuk berkunjung ke konsulat negara Schengen.

5. Wawancara

Wawancara tidak hanya Anda jumpai pada bagian persyaratan pengajuan visa saja. Nantinya pada saat pembuatan Anda akan melakukan sesi wawancara yang tidak berbeda jauh dengan pembuatan paspor.

Faktor pembedanya hanya pada durasi waktu, di mana pada tahap pembuatan ini Anda akan bertemu konsuler visa dengan sesi konsultasi selama 15 menit.

Pada tahap ini, Anda dianjurkan untuk menyerahkan dokumen serta menjawab pertanyaan dengan tegas.

6. Bayar

Terakhir, Anda harus membayarkan biaya asuransi perjalanan Schengen setelah proses wawancara berhasil dilakukan.

Anda akan diminta untuk membayar biaya pembuatan sebesar 80 euro untuk orang dewasa, dan 40 euro pada anak usia 6-12 tahun.

Apabila Anda ingin mengajak baby di bawah usia 6 tahun, maka tidak perlu melakukan pembayaran visa schengen.

Sehingga, Anda bisa memanfaatkan dana yang sudah disisihkan untuk pembayaran non tunai jika sewaktu-waktu dibutuhkan di Eropa.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.