T4 Education dan HP Memperkenalkan Penghargaan Medal Pendidikan Asia, Seruan bagi Para Inovator Pendidikan di Indonesia

Avatar of hartono
T4 Education dan HP Memperkenalkan Penghargaan Medal Pendidikan Asia, Seruan bagi Para Inovator Pendidikan di Indonesia
Logo Asia Education Medal (Sumber : T4 Education)

PortalMadura.Com – Hari ini, T4 Education bersama HP mengumumkan peluncuran Medal Pendidikan Asia untuk pertama kalinya, mengajak para inovator pendidikan di Indonesia untuk bergerak maju. Penghargaan ini dirancang untuk menghargai individu yang telah memberikan kontribusi signifikan melalui dampak, kepemimpinan, dan advokasi di sektor pendidikan.

Dengan jaringan lebih dari 200.000 guru dan platform digital, T4 menyediakan ruang bagi para pendidik untuk memberikan pengajaran terbaik kepada anak-anak di seluruh dunia

Dengan jaringan lebih dari 200.000 guru dan platform digital, T4 menyediakan ruang bagi para pendidik untuk memberikan pengajaran terbaik kepada anak-anak di seluruh dunia

Medal Pendidikan Asia, sebuah inisiatif baru dari T4 Education dan HP, diperkenalkan hari ini dengan tujuan untuk mendorong para inovator pendidikan di Indonesia agar maju. Penghargaan ini ditujukan bagi individu yang telah menunjukkan komitmen luar biasa dalam mempengaruhi, memimpin, dan mendukung sektor pendidikan.

Asia, dengan ragam tingkat literasi dan sistem pendidikan, menghadapi berbagai tantangan yang kompleks. Namun, benua ini juga menunjukkan potensi luar biasa dalam mencapai kemajuan pendidikan jika hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi secara efektif.

Medal Pendidikan Asia dirancang sebagai pengakuan terhadap upaya gigih para pengubah pendidikan dan merupakan perayaan bagi mereka yang telah memicu inspirasi perubahan dalam dunia pendidikan.

Penerima Medal Pendidikan Asia akan mendapatkan kesempatan untuk memperluas jaringan mereka di tingkat global dan mendapatkan pengakuan atas pentingnya menyelesaikan krisis perekrutan dan retensi guru untuk mengatasi kesenjangan pembelajaran. Selain itu, pemenang berhak menominasikan sekolah mereka untuk menjadi Program Best School To Work oleh T4 Education, sebuah program independen yang berbasis bukti untuk menilai budaya sekolah dan membantu mereka meningkatkan lingkungan kerja guna menarik dan mempertahankan guru terbaik.

Medal Pendidikan Asia adalah bagian dari trio Penghargaan Medal Pendidikan Dunia yang diprakarsai oleh T4 Education dan HP, bergabung dengan Medal Pendidikan Afrika yang telah terbentuk sebagai penghargaan pendidikan paling prestisius di Afrika sejak tahun 2022, dan Medal Pendidikan Amerika Latin yang baru saja diperkenalkan tahun ini.

Komunitas global T4 yang terdiri dari lebih dari 200.000 guru serta platform digital mereka berupaya memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak di seluruh dunia.

Komunitas global T4 yang terdiri dari lebih dari 200.000 guru serta platform digital mereka berupaya memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak di seluruh dunia

“Kendati telah ada kemajuan dalam mencapai Tujuan Berkelanjutan, masih terdapat kesenjangan pembelajaran yang signifikan di Asia, yang diperparah oleh pandemi COVID-19. Akan tetapi, kita memiliki harapan jika para pemimpin dari seluruh Asia bersatu dan berbagi keahlian untuk memastikan setiap anak mendapat pendidikan berkualitas,” ucap Mayank Dhingra, Senior Business Leader di HP.

Dengan tujuan untuk mempercepat kesetaraan digital bagi 150 juta orang global hingga tahun 2030, HP menekankan pentingnya kolaborasi antara LSM, pemerintah, pendidik, dan sektor swasta untuk meningkatkan pendidikan. Inilah alasan dibalik peluncuran Medal Pendidikan Asia. “Saya mengajak para inovator pendidikan di Indonesia dan seluruh Asia untuk berpartisipasi,” lanjut Mayank.

Vikas Pota, Pendiri dan CEO T4 Education, menambahkan, “Pendidikan berkualitas adalah hak semua orang dan menjadi kunci untuk membuka potensi generasi mendatang di Asia. Medal Pendidikan Asia mengakui dan menghargai upaya semua pihak yang berkontribusi mewujudkannya.”

“Salah satu langkah terpenting untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia dan di seluruh dunia adalah menangani krisis dan retensi guru. Oleh karena itu, pemenang Medal Pendidikan Asia 2024 tidak hanya mendapatkan platform untuk mengadvokasi kerja mereka tetapi juga kesempatan untuk menominasikan sekolah mereka ke dalam Program Best School to Work, yang memungkinkan sekolah menciptakan budaya dimana pendidikan dapat berkembang karena adanya guru-guru yang terus berinovasi,” jelas Vikas.

Medal Pendidikan Asia terbuka untuk individu yang berkontribusi dalam berbagai aspek pendidikan, mulai dari pendidikan anak usia dini hingga pendidikan tinggi, dengan kategori sebagai berikut:

  • Guru dan Kepala Sekolah
  • Pemimpin Komunitas
  • Pejabat Pemerintah
  • Pemimpin Politik
  • Pengusaha, Pemimpin Perusahaan, dan Ahli Teknologi

Kandidat harus menunjukkan kontribusi signifikan dalam bidang-bidang seperti:

  • Meningkatkan hasil pembelajaran
  • Mendukung pendidikan anak perempuan
  • Meningkatkan kesetaraan dan akses pendidikan
  • Mendorong inovasi pedagogi atau teknologi
  • Menguatkan kapasitas pendidik
  • Menginisiasi partisipasi masyarakat dalam pendidikan
  • Membela hak-hak pemangku kepentingan pendidikan

Sepuluh finalis teratas Medal Pendidikan Asia akan diumumkan pada Agustus, dan pemenangnya akan diumumkan pada September. Nominasi akan dinilai oleh panel juri yang terdiri dari individu terpilih berdasarkan kriteria yang ketat.

Pendaftaran dan nominasi dapat dilakukan secara online di situs asiaeducationmedal.org

Nominasi ditutup pada 30 April 2024.

Tentang T4 Education

Kami meyakini bahwa setiap anak, di mana pun mereka berada, berhak mendapatkan pendidikan berkualitas. Kami berupaya membangun komunitas guru dan sekolah terbesar di dunia untuk mewujudkannya bersama. Platform digital kami memfasilitasi jaringan, kolaborasi, dan pertukaran praktik terbaik di antara pendidik, serta mendukung upaya peningkatan pembelajaran. Kami bertekad memperkuat suara para guru, karena dunia yang kita inginkan hanya bisa tercipta dengan mendengarkan mereka yang berada di inti sistem pendidikan. Komunitas global kami yang terdiri dari lebih dari 200.000 guru dan platform digital kami menyediakan sarana bagi organisasi untuk menyelenggarakan penghargaan pendidikan yang mendapatkan perhatian media internasional dan meningkatkan kesadaran publik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.