Tahukah Kamu, Bagaimana Cara Ikan Tidur?

Avatar of PortalMadura.Com
Tahukah Kamu, Bagaimana Cara Ikan Tidur?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Waktu malam hari tentunya digunakan untuk beristirahat bagi sebagian makhluk yang ada di bumi, tak terkecuali ikan. Lalu, bagaimana cara ikan tidur di dalam air? Apakah mereka juga sama memejamkan mata?

Tentunya Mereka sangat beda, mereka tidak terbaring kemudian memejamkan mata, dan kemudian bangun pada pagi hari. Saat tidur, mata ikan dalam keadaan terbuka. Hal ini disebabkan ikan tidak memiliki kelopak mata seperti yang dimiliki beberapa hiu.

Pada dasarnya, ikan akan memperlambat metabolisme untuk menghemat tenaga saat tidur untuk memulihkan tenaga. Jadi, ketika mereka tidak bergerak aktif seperti biasanya dan cenderung diam ikan diduga dalam posisi tidur.

Saat itu, mereka akan mengambang dan sesekali akan menggerakkan siripnya guna menjaga keseimbangan. Penelitian mengungkapkan, ikan dapat mengurangi aktivitas dan metabolisme mereka, namun tetap waspada terhadap serangan musuh.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnak Neuroscience & Biobehavioral Reviews 2008, mengatakan periode tidur ikan seperti ‘mati suri’ untuk melakukan fungsi restoratif yang jelas berbeda dengan manusia.

Contohnya adalah lumba-lumba, mengalami fase yang disebut “unihemispheric slow-wave sleep”. (tribunnews.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.