oleh

Tak Berikan THR, Kewenangan Pengawas Pemprov Berikan Sanksi

PortalMadura.Com, Bangkalan – Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur enggan memberikan sanksi kepada perusahaan yang tidak memberikan THR kepada pekerjanya.

Kabid Perindustrian dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Bangkalan, Selasa (14/5/2019), Titian Suhartini menjelaskan, surat edaran (SE) sudah turun dari pemerintah Pemprov Jatim.

“Tinggal nanti kami memberitahukan kepada semua perusahaan yang ada di Bangkalan,” terangnya, Selasa (14/5/2019).

Sesuai dengan peraturan mentri ketenaga kerjaan RI pasal 2 ayat (1) No 6 tahun 2016 bahwa pengusaha wajib memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada buruh/pekerjanya.

Loading...

Dalam ketentuan Pasal 3 ayat (1) peraturan mentri ketenaga kerjaan RI No 6 tahun 2016 perhitungan perusahaan yang akan memberikan THR disesuaikan dengan lamanya bekerja.

Bagi pekerja/buruh yang bekerja 12 bulan secara terus menerus akan di berikan THR sebesar umpah satu bulan.

Sedangkan pekerja/buruh hanya satu bulan secara terus menerus maka pihak perusahaan berhak memberikan sewajarnya dengan profesional.

“Maka perusahaan yang tidak memberikan THR, terkait tindakannya (sanksi) itu bukan hak kami, tetapi itu hak dari tim pengawasan yang ada di provinsi, kalau kami tidak tau masalah itu,” dalihnya.

Sementara jumlah perusahaan yang ada di Bangkalan mencapai 170 yang terdaftar, sedangkan besaran UKM untuk Bangkalan sebanyak Rp1,8 ribu.(*)


Penulis : Imron
Editor : Agnes Hafilda Kusuma

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar