Tak Bersuami, Wanita ODGJ Melahirkan di RPS Sampang

Avatar of PortalMadura.com
Tak Bersuami, Wanita ODGJ Melahirkan di RPS Sampang
Ilustrasi (pixabay)

PortalMadura.Com, – Seorang wanita penderita orang dalam gangguan jiwa (), sebut saja Mawar (nama samaran) berusia 25 tahun, di kamar mandi Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos dan P3A) Sampang, Zainal Muttaqin memyampaikan, Mawar melahirkan bayi perempuan saat akan membuang air kecil yang diawali kontraksi perut.

Pihaknya mengambil tindakan dengan membawa Mawar dan bayinya ke tempat pelayanan medis untuk mendapatkan perawatan. “Ibu dan anaknya, baik-baik saja, dan bayi telah kami titipkan di salah satu panti asuhan wilayah Jombang,” terangnya, Kamis (13/10/2022).

Mawar yang melahirkan pada Senin (10/10/2022), tidak diketahui siapa bapak dari bayi itu. Pihaknya sedang melakukan penelusuran siapa pelakunya.

Ia menjelaskan, Mawar masuk RPS sejak tahun 2015 dan pernah keluar 2 hari dari RPS pada Desember 2021.

“Kami menduga, saat Mawar keluar RPS ada orang yang tega menghamili. Karena, sesuai hitungan kandungan memang tepat,” katanya.

Menurutnya, Mawar boleh keluar dari RPS lantaran kondisi kejiwaannya membaik. “Keluar dari RPS untuk membeli jajan dan kondisinya sudah membaik. Meski ditanya soal keluarganya, dia seakan merenung dan menangis tanpa menjawab,” terangnya.

Untuk kebaikan Mawar, pihaknya fokus berupaya mengobati mentalnya dan berkoordinasi dengan Balai Rehabilitasi Mental di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

“Setelah berakhir masa nifas, kami akan kirim Mawar ke Balai Rehabilitasi. Jika sembuh, maka akan kami pertemukan dengan putrinya yang telah dititipkan di panti asuhan,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.