oleh

Tak Boleh Pakai Email Kantor untuk Urusan Pribadi, Ini 5 Alasannya

PortalMadura.Com – Menggunakan email kantor untuk untuk mendaftar di jejaring sosial, layanan online, dan hal pribadi lainnya menjadi sesuatu yang diperbolehkan. Hal ini dilakukan karena dianggap praktis dan tidak perlu membuat akun masing-masing.

Namun ternyata, ada beberapa alasan Anda tidak boleh menggunakan email kantor untuk urusan pribadi. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut ini penjelasannya:

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Membuat Upaya Profiling Lebih Mudah

Sebelum mengirim email phishing ke karyawan tertentu, pelaku kejahatan siber akan mengumpulkan informasi online. Mereka menggunakan alat tertentu untuk mempelajari alamat email mana yang dipakai seseorang di media sosial, platform online, dan lain-lain.

Menggunakan email kantor untuk tujuan pribadi akan membuat pelaku kejahatan siber lebih mudah dalam menemukan potret sosial seseorang. Dengan begitu seseorang jadi lebih rentan terhadap spear phishing pada tahap pertama serangan yang menargetkan perusahaan.

Memberi Celah untuk Spear Phishing

Pelaku kejahatan siber memilih trik yang menurut mereka paling pas untuk menjerat korban. Jika mereka tahu korbannya memakai email kantor untuk mendaftar ke platform lain, mereka menganggap, kemungkinan besar korban akan tertipu oleh email phishing.

Para pelaku kejahatan siber pun akan dengan mudah membuat pesan palsu yang menyamar sebagai pemberitahuan sah dari layanan tempat korban mendaftarkan diri.

Memberi Kesempatan ke Penjahat Siber untuk Menyesatkan Korban

Biasanya pelaku kejahatan siber butuh waktu agar serangan berhasil. Untuk itu, banyak layanan mengirim pemberitahuan kepada pemegang akun, jika suatu hari seseorang atau si pengguna masuk dari alamat IP berbeda atau mencoba mengubah password.

Agar tidak didahului peretas, pengguna perlu mengetahui peringatan tersebut dalam waktu sesegera mungkin.

Untuk itu, lakukan pengaturan notifikasi di email Anda. Jika Anda menautkan alamat ke sumber luar, saat peretas mencoba melakukan brute-force pada jaringan sosial dan akun pribadi lainnya, kotak masuk pengguna akan segera berisi berbagai peringatan.

Banyak Phishing dan Malware

Kebocoran data sangat populer di kalangan spammer massal, di mana mereka hanya membeli daftar alamat email untuk dibanjiri pesan phishing atau link berbahaya.

Makin banyak sumber daya yang ditautkan ke akun email perusahaan, makin banyak potensi ancaman yang akan memasuki email kantor Anda.

Kesulitan Membedakan Pesan Pribadi dan Pekerjaan

Berbicara volume pesan di kotak masuk Anda, jumlah berlebihan tersebut dapat menyebabkan masalah baru. Pasalnya dengan lebih banyaknya jumlah pesan pribadi yang masuk dibandingkan pesan profesional, item berbahaya jadi makin sulit dikenali.

Makin banyak email pribadi yang dibaca selama jam kerja, makin besar kemungkinan pengguna tidak sengaja mengklik lampiran berbahaya atau mengikuti link phishing.

Meski Anda tidak memakai email kantor untuk urusan pribadi, tetap penting menerapkan perlindungan diri dari spam dan phishing. Makin banyak lapisan perlindungan pun makin baik.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar