Tak Disangka, 16 Benda Ini Bisa Kadaluarsa

  • Bagikan
sepatu lari
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kita mungkin sudah biasa mengetahui makan atau kosmetik yang sudah lewat masa berlakunya atau kadaluarsa. Namun, tahukah Anda ternyata selain makanan, ada benda-benda tertentu yang memiliki batas penggunaan maksimal lho. Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasannya.

1. Kursi Mobil

Setiap kursi mobil ternyata punya tanggal kedaluwarsanya lho. Biasanya dicetak di bagian bawah tempat duduk. Umur kursi pun bervariasi bergantung tanggal pembuatan dan merek. Ada yang enam hingga sepuluh tahun bergantung jenis kursinya.

2. Sunblock

Para ahli mengatakan bahwa tabir surya biasanya hanya efektif selama tiga tahun. Kamu disarankan untuk mencatat tanggal pembelian di botol agar tahu kapan masa kedaluwarsanya.

3. Bensin

Bensin ternyata juga bisa kedaluwarsa. Perlu Anda waspadai jika bengkel menyimpan persediaan bensin hingga lima tahun. Karena perlu diketahui, konsistensi minyak bisa berubah dan akan berdampak pada kinerja mesin.

4. Kantung Teh

Penyimpanan kantung teh terlalu lama, teh bisa jadi tak segar. Kualitas teh akan berkurang selama dua tahun.

5. Kacamata Hitam

Kacamata hitam ternyata ada batas pemakaiannya. Menurut peneliti di Universitas Sao Paulo, Brasil, seiring berjalannya waktu, kacamata hitam akan berkurang kualitasnya. Hal ini dikarenakan pemakaian dan goresan yang merusak lensa.

6. Cat

Cat minyak yang belum dibuka sesungguhnya masih bagus hingga 15 tahun, dan cat lateks bisa bertahan hingga 10 tahun. Para ahli lukisan menyarankan untuk membuang cat apapun yang sudah terbuka dengan umur dua hingga empat tahun.

7. Pasta Gigi

Beberapa pasta gigi baik digunakan hingga dua tahun setelah tanggal pembuatan.

8. Sabun Batangan

Jika sudah kedaluwarsa sabun tak akan berfungsi dengan optimal. Para ahli menyarankan untuk tidak menyimpannya lebih dari tiga tahun. Tanda-tanda sabun yang sudah terlalu lama di antaranya kering dan retak.

9. Hidrogen Peroksida

Bahan pemutih dan disinfektan ini memiliki jangka waktu simpan sekitar enam bulan setelah dibuka. Sementara, bila masih tertutup bisa bertahan sekitar tiga tahun.

10. Sepatu Lari

Siapa yang menyangka jika sepatu juga bisa kedaluwarsa. Semakin sering Anda olahraga maka semakin turun kualitas sepatu. Ini akan membuat gerakan olahraga jadi tak maksimal dan bisa meningkatkan risiko cedera. Disarankan Anda untuk mengganti sepatu setelah berjalan minimal 482.803 hingga 965.606 KM.

11. Helm

Anda mungkin tak akan mengira bila helm juga bisa kedaluwarsa. Bagian dalam helm akan terkena garam dalam keringat yang membuatnya korosi. Selain itu, sinar matahari juga mempengaruhi plastiknya. Setidaknya, pengendara motor disarankan mengganti penutup helm setiap dua tahun.

12. Semprotan Anti Serangga

Semprotan serangga paling lama bertahan sampai tiga tahun. Jika sudah kedaluwarsa maka semprotan ini tak akan berfungsi sempurna dan tak bisa membunuh serangga.

13. Maskara

Buang maskara sekitar tiga bulan setelah dibuka. Ini karena maskara mudah terkontaminasi bakteri. Dan hal tersebut akan berbahaya jika digunakan dekat dengan mata.

14. Spons

Spons loofah yang biasa digunakan mencuci atau mandi sebaiknya diganti setiap 3-4 minggu. Ini karena sel kulit mati bisa terperangkap di celah-celah spons dan malah membuat bakteri berkembang.

15. Baterai

Bagian baterai bisa mengalami orosi setiap waktu. Lithium bisa rusak dan membuatnya sulit mengalirkan listrik. Perhatikan tanggal kedaluwarsanya. Baterai yang sudah habis masa berlakunya ini mungkin tak berbahaya tapi fungsinya tak akan sama seperti baterai baru.

16. Pelembab

Pelembab yang telah dibuka lebih dari dua tahun tidak akan sama manfaatnya seperti yang baru. Untuk menghindari kuman, gantilah setiap enam bulan sekali.(vemale.com/Nanik)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.