oleh

Tak Hanya Salad, Ternyata Lalapan Juga Baik Bagi Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Salah satu makanan yang dikenal banyak orang bisa menyehatkan tubuh yaitu salad. Sebab di dalamnya terdapat banyak buah yang tentu memiliki vitamin dan nutrisinya tersendiri. Tapi tidak semua orang bisa memburunya, lantaran harganya yang terbilang mahal.

Nah, saat Anda tidak bisa mengonsumsi salad tersebut, Anda bisa menyiasatinya dengan makan lalapan. Pasalnya, makanan ini juga terbilang menyehatkan karena sayuran mentah yang disajikan dalam menu tersebut.

Hal ini diteliti oleh peneliti dari University of Otago di Selandia Baru. Studi yang berjudul “Intake of Raw Fruits and Vegetables Is Associated With Better Mental Health Than Intake of Processed Fruits and Vegetables” ini diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology pada 10 April lalu. Dalam studi tersebut ditunjukkan bahwa, konsumsi buah dan sayuran mentah terkait dengan kesehatan mental yang lebih baik dibandingkan dengan buah atau sayuran yang telah diproses.

Memasak memang membuat makanan lebih mudah dikunyah dan meningkatkan antioksidan, meski demikian ini tetap ada dampak pada kandungan gizi. Memasak sayuran dapat mengurangi kadar vitamin C dan vitamin B, serta menghancurkan enzim yang bermanfaat.

Lama waktu memasak pun juga harus dipertimbangkan karena waktu memasak yang lebih lama tampaknya terkait dengan hilangnya banyak vitamin yang larut dalam air.

Manfaat lain dari mengonsumsi buah atau sayur mentah bukan hanya mengurangi risiko depresi, tapi juga membuat mood lebih stabil. Beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mental antara lain wortel, pisang, apel, sayuran hijau gelap seperti bayam, grapefruit (jeruk), selada, buah jeruk, buah beri segar, mentimun, dan buah kiwi.

Jadi, pastikan Anda membersihkan makanan-makanan mentah tersebut terlebih dahulu dengan maksimal agar tidak terkontaminasi bakteri. Semoga bermanfaat. (Vemale.com/Putri)


Tirto.ID
Loading...

Komentar