oleh

Tak Hanya Sekadar Pajangan, Ini Fungsi Spoiler yang Jarang Diketahui

PortalMadura.Com – Salah satu komponen tambahan yang dianggap sebagai pemanis atau hiasan kendaraan semata yaitu spoiler. Aksesoris ini memang bisa menunjang penampilan mobil, tapi selain hanya untuk bergaya ada fungsi lain yang dimilikinya.

Ternyata, spoiler juga bisa meningkatkan performa mobil saat berlari. Pasalnya, sayap di belakang mobil ini memengaruhi sisi aerodinamika. Jadi, alat ini tidak cuman sekadar sebagai pajangan saja.

Oleh karena itulah, pemasangan spoiler dilakukan untuk menambah downforce atau daya tekan ke bawah. Efeknya ialah gaya angkat yang timbul saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi dapat berkurang.

Tidak main-main, gaya angkat itu dapat membuat mobil melayang sehingga lajunya tidak stabil. Akibatnya, pengemudi akan kehilangan kontrol dan bisa menyebabkan mobil terpelanting.

Karena dampaknya cukup signifikan, pemasangan spoiler pun tidak boleh asal dan harus presisi. Bukannya meningkatkan performa, spoiler yang salah pasang hanya akan menimbulkan masalah.

Persoalan yang kerap timbul adalah konsumsi bahan bakar menjadi lebih besar. Pasalnya, part tersebut hanya menambah beban bagi mobil.

Dengan kata lain, spoiler merupakan salah satu komponen pada mobil yang memengaruhi aerodinamika pada mobil. Spoiler berfungsi menambah downforce atau tekanan ke bawah pada mobil untuk mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi. (liputan6.com/Putri)