Tak Ingin Jadi Korban Pencurian Password? Ini 4 Tipsnya

Avatar of PortalMadura.Com
Tak Ingin Jadi Korban Pencurian Password? Ini 4 Tipsnya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini banyak sekali kasus pembobolan akun yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengguna internet untuk selalu mengamankan password agar tidak diketahui orang lain.

Menggunakan kombinasi kata sandi menjadi salah satu cara untuk keamanan keamanan. Selain itu, ada beberapa cara yang harus dihindari pengguna internet agar tidak menjadi korban pencurian password. Apa saja?

Berikut penjelasannya:

Gunakan Password Unik
Pengguna internet, saat Anda membuat sebuah akun, pastikan untuk menggunakan password yang berbeda dengan yang dipakai orang lain dan tidak mudah ditebak.

Sekadar diketahui, sepanjang 2016, ada 20 kombinasi password paling mudah ditebak dan pastinya, paling rentan dicuri. Untuk itu, pastikan untuk tidak menggunakan kombinasi password di bawah ini.

Gunakan Kombinasi Simbol Saat Menentukan Password
Tahukah Anda, penjahat siber rela melakukan apa saja untuk mencuri password, termasuk menjajal berbagai huruf untuk mendapat kombinasi kata kunci yang cocok.

Misalnya saja penjahat siber menggunakan kata-kata yang umum dipakai seperti “password”, “1q2w3e4r5t”, atau menebak kata-kata lainnya.

Untuk menghindarinya, Anda bisa mencampurkan karakter huruf dan angka serta menyelipkan satu karakter simbol (misalnya tanda baca atau tanda hubung) untuk membuat password kian kuat dan tidak mudah dicuri

Pastikan Tidak Asal Mengeklik Link yang Dikirim Lewat Email
Anda pasti sudah pernah mendengar kalau pencurian password bisa dilakukan dengan cara phishing alias laman palsu yang meminta pengguna memasukkan kotak isian login.

Nah, biasanya link yang mengarahkan pengguna ke laman palsu tersebut dikirimkan ke email pribadi oleh penjahat siber yang mengiming-imingi hadiah.

Misalnya, email pemberitahuan Anda menang undian, tapi dilengkapi link mencurigakan dan berasal pihak yang sama sekali tidak dikenal.

Cara menghindarinya dengan meningkatkan filter SPAM ke setelan tertinggi. Selain itu, pengguna juga bisa lebih jeli saat memeriksa link yang diterima. Kalau memang mencurigakan dan menawarkan iming-iming hadiah, pastikan untuk tidak mengekliknya.

Pasang dan Selalu Perbarui Software atau Antivirus
Penjahat siber punya banyak cara mencuri password, salah satunya melalui keylogger. Keylogger adalah sebuah software yang dengan mudah bisa mendapatkan data pribadi pengguna internet.

Keylogger merupakan software yang bisa merekam segala aktivitas pengguna komputer. Jika software ini diaktifkan, semua aktivitas termasuk mengetik kata sandi di password juga akan terekam.

Untuk menghindarinya, Anda bisa memasang dan memperbarui software, antivirus, atau antimalware Anda ke versi terbaru secara berkala. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.