Tak Perlu Kata-kata, Begini Cara Bikin Anak Merasa Nyaman

Avatar of PortalMadura.com
Tak Perlu Kata-kata, Begini Cara Bikin Anak Merasa Nyaman
ilustrasi (Nakita.ID)

PortalMadura.Com – Saat mendapati anak sedang sedih, kesepian, ataupun berkecil hati, orang tua perlu memberikan kekuatan untuk mengembalikan semangatnya.

Tidak harus menggunakan kata-kata, dengan pun Anda sudah bisa membuatnya merasa nyaman. Pasalnya, bahasa tubuh yang hangat bisa membuat si kecil merasa lebih dicintai dan dilindungi.

Di bawah sadar, manusia mengasosiasikan kehangatan fisik dengan kehangatan emosi. Kaitan ini membawa mereka kembali ke masa awal kehidupan di dunia, saat bayi merasa hangat dalam dekapan orang tuanya.

Para ahli menyebut ikatan penuh cinta itu sebagai kelekatan yang aman. Bayi yang “tangki emosinya” terisi penuh juga akan memiliki hubungan yang dekat dan penuh rasa percaya di usia dewasa.

“Walau kita tidak punya ingatan sedang disusui atau dipeluk saat bayi, respon positif dan perasaan hangat itu terekam dalam memori otak,” kata John Bargh Ph.D, profesor psikologi dari Universitas Yale.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan mood anak, walau tanpa mengucapkan kata-kata penyemangat:

Menyediakan Makanan Hangat
Sudah banyak penelitian yang menyebutkan kaitan antara tubuh dan pikiran. Dalam hal ini, minum atau memakan sesuatu yang hangat bisa mengubah suasana hati menjadi lebih ceria.

Penelitian juga menunjukkan, orang yang diminta memegang mangkuk atau cangkir hangat ternyata memiliki perasaan yang juga lebih bahagia dibanding yang memegang cangkir berisi air dingin.

Memeluk
Para pakar saraf menemukan ada bagian otak yang disebut insula akan aktif saat merespon perbuatan baik dan kehangatan. Misalnya saja saat Anda ngobrol dengan sahabat dekat, menelepon orang tua, atau duduk berdekatan dengan orang terkasih.

Mengungkapkan Perasaan
Terkadang yang Anda butuhkan saat sedang tidak bersemangat adalah berada dekat dengan orang tercinta. Demikian juga dengan anak-anak.

Mungkin mereka tidak akan langsung bercerita apa yang dirasakannya, tapi mengetahui bahwa orang tuanya ada di dekatnya akan membuatnya tenang. Cukup berikan pelukan dan katakan Anda mencintainya. (kompas.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.