Tak Perlu Ke Salon, Ini 5 Cara Alami Hitamkan Rambut

Avatar of PortalMadura.com
Tak Perlu Ke Salon, Ini 5 Cara Alami Hitamkan Rambut
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Miliki rambut hitam hingga kini masih menjadi primadona sebagian besar orang. Tak arang mereka rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mewarnainya di salon.

Menghitamkan rambut dengan di salon memang lebih cepat sesuai keinginan. Namun perlu Anda sadari bahwa penggunaan bahan kimia pada pewarna rambut bisa membahayakan bahkan merusak rambut.

Tak hanya itu, Anda juga perlu melakukan perawatan rutin untuk kilau rambut Anda dan bisa dibayangkan berapa rupiah lagi biaya yang akan Anda keluarkan nantinya. Karena itu, dari pada Anda mengeluarkan ongkos perawatan rambut mahal, lebih baik untuk menggunakan bahan alami. Tentu saja menggunakan bahan alami lebih menyehatkan dan Anda pun bisa memiliki rambut hitam alami.

Selain itu, bila rambut Anda mengalami kerusakan, cara menghitamkan rambut dengan bahan alami pun bisa membantu mengembalikan nutrisi rambut. Berbagai bahan alami bisa digunakan sebagai cara menghitamkan rambut dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa perlu ke salon. Berikut adalah beberapa cara menghitamkan rambut secara alami yang bisa Anda lakukan.

Minyak Kemiri
Bukan rahasia lagi jika minyak kemiri bisa digunakan untuk menghitamkan rambut. Selain itu, cara menghitamkan rambut dengan minyak kemiri ini pun bisa membuat rambut Anda lebih tebal juga. Hal ini karena kandungan vitamin pada kemiri ini yang bisa kamu manfaatkan sebagai pewarna alami.

Cara menghitamkan rambut dengan minyak kemiri pun cukup mudah. Untuk bisa memperoleh minyak kemiri ini, Anda hanya perlu membakar ataupun menyangrai kemiri hingga berubah warna menjadi kehitaman. Kemudian, Anda bisa menumbuk kemiri tersebut hingga mengeluarkan minyak. Setelah itu, gosokkan minyak kemiri yang Anda dapatkan ke rambut secara merata. Tentu saja untuk memperoleh hasil rambut hitam alami, Anda harus melakukannya secara rutin.

Baca Juga : Ingin Miliki Rambut Panjang dan Hitam Berkilau? Yuk, Ikuti Tips Berikut!

Minyak Kelapa
Cara menghitamkan rambut selanjutnya ialah menggunakan minyak kelapa. Memiliki rambut hitam berkilau bak seorang model pun bisa Anda dapatkan lho. Minyak kelapa yang bisa ditemukan secara mudah ini pun bisa Anda jadikan sebagai ramuan perawatan rambut. Selain itu, sebagai cara menghitamkan rambut, manfaat minyak kelapa lainnya ialah untuk menjaga kelembaban rambut agar tidak kering dan tidak mudah rontok.

Penggunaan minyak kelapa untuk menghitamkan rambut pun mudah dilakukan. Anda hanya perlu memanaskan sedikit minyak kelapa, kemudian oleskan ke seluruh rambut yang kering ataupun setengah basah. Diamkan sekitar 15 hingga 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Minyak kelapa ini mampu membuat rambut Anda tumbuh hitam dan berkilau secara alami. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin.

Minyak Zaitun
Bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan kulit saja. Minyak zaitun pun bisa Anda gunakan sebagai cara menghitamkan rambut secara alami. Yang perlu Anda lakukan untuk menghitamkan rambut dengan minyak zaitun ialah mengoleskan sekitar 5 tetes minyak zaitun ke seluruh rambut.

Namun Anda harus menggunakan minyak zaitun murni tanpa campuran bahan lainnya. Setelah itu, diamkan semalaman agar kandungan nutrisi pada minyak zaitun meresap ke dalam rambut.

Esoknya bilas rambut dengan air bersih dan juga shampo jangan lupa untuk menggunakan conditioner juga. Selain itu, mengeringkan rambut usahakan jangan menggunakan hair dryer ataupun flat iron. Tetapi cukup membiarkan rambut kering secara alami dengan bantuan handuk rambut saja.

Lidah Buaya
Memiliki rambut sehat berkilau memang dambaan semua orang, terutama kaum hawa. Kamu pun bisa mendapatkannya dengan menggunakan lidah buaya. Selain itu, lidah buaya pun bisa membantumu untuk memperoleh rambut hitam dan berkilau. Cara menghitamkan rambut dengan lidah buaya pun sangat mudah.

Anda hanya perlu memilih lidah buaya dengan daging yang cukup tebal. Ambil daging lidah buaya tersebut dan haliskan hingga lembut. Kamu tak perlu untuk mencucinya, karena daging lidah buaya memiliki air yang dibutuhkan untuk menutrisi rambut.

Jika daging lidah buaya telah halus menyerupai masker, Anda hanya perlu mengoleskannya ke seluruh rambut dan diamkan selama 10 hingga 15 menit agar kandungan nutrisi meresap ke rambut. Setelah itu keramas hingga bersih. Anda bisa menggunakan masker lidah buaya ini minimal seminggu sekali secara rutin.

Kulit Apel
Ternyata bukan hanya buah apel saja yang memiliki segudang manfaat. Kulit apel rupanya memiliki manfaat buat Anda. Kulit apel sendiri memiliki manfaat untuk meminimalisir uban dan bisa membuat rambut Anda menjadi hitam berkilau.

Cara menghitamkan rambut dengan kulit apel untuk mencegah uban ialah haluskan buah apel beserta kulitnya menggunakan blender. Anda bisa menggunakan beberapa buah apel sesuai kebutuhan rambut. Setelah itu oleskan ke seluruh rambut dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu keramas hingga bersih dengan shampo. Anda bisa menggunakan perawatan dengan apel ini setiap hari.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghitamkan rambut secara alami. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.