Tak Perlu Membentak, Ini 4 Cara Mendidik Anak Hiperaktif

Avatar of PortalMadura.Com
Tak Perlu Membentak, Ini 4 Cara Mendidik Anak Hiperaktif
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orangtua tentu sangat senang melihat anaknya tumbuh aktif dan ceria. Namun, jika aktifnya tersebut melampaui batas kewajaran atau yang lebih dikenal dengan sebutan anak hiperaktif, pasti akan membuat sang ibu khawatir dan kesulitan dalam menanganinya.

Bahkan, mengasuh, mendidik, dan membesarkan anak seperti itu tidak mudah, dan seringkali mereka sulit untuk diarahkan. Untuk itu, sebagai orangtua, Anda harus bisa memiliki stok sabar yang banyak. Namun, juga tidak baik untuk selalu membentak atau memarahinya dengan penuh emosi dan nada tinggi.

Lantas, bagaimana cara mengarahkan anak hiperaktif?. Berikut empat cara mengasuhnya:

Membuat Aturan yang Sama-Sama Disepakati
Anak hiperaktif itu seringkali bikin masalah dalam lingkungan yang bebas aturan. Kalau ingin anak tidak mudah berbuat onar, coba untuk membuat aturan atau batasan yang bisa disepakati bersama. Dengan begitu, anak bisa lebih mudah menjaga sikapnya karena ada aturan yang sudah dibuat.

Libatkan Anak untuk Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga
Bantu anak untuk menyalurkan energinya dengan melakukan hal yang bermanfaat. Misalnya, bersama-sama seluruh anggota keluarga yang lain, kerjakan suatu pekerjaan rumah dengan cara yang menyenangkan. Atau menyiram tanaman dan merapikan mainan bersama-sama.

Arahkan Anak untuk Melakukan Kegiatan yang Kreatif
Penting untuk bisa mendampingi anak di setiap kegiatannya. Anda bisa mengarahkan anak untuk memilihkan kegiatan yang kreatif. Sehingga, anak bisa memfokuskan energinya dan berkonsentrasi penuh pada yang sedang dikerjakan.

Arahkan Anak untuk Memilih Sendiri Buku Bacaannya
Mengasuh dan mendidik anak hiperaktif, Anda harus benar-benar bisa mengendalikan diri untuk tetap tenang terlebih dahulu. Bantu anak untuk menyukai kegiatan membaca.

Sebagai langkah awal, minta anak untuk memilih sendiri bahan bacaannya. Lalu, habiskan waktu bersamanya membaca buku yang ia suka. Kegiatan ini akan membantu anak bisa fokus dan berkonsentrasi dengan baik.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dipilih dalam hal mengasuh dan mendidik anak. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi yang dihadapi.

Sebagai orangtua, Anda harus bisa terus belajar. Mengasuh dan mendidik anak akan membuat Anda terus belajar hal-hal baru setiap saatnya. Proses ini pun pada akhirnya akan mendewasakan Anda dalam menjalankan peran sebagai orangtua yang lebih baik dari waktu ke waktu. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.