Tak Perlu Panik, Ini 5 Cara Atasi Ponsel yang Tercebur ke Dalam Air

Avatar of PortalMadura.com
Tak Perlu Panik, Ini 5 Cara Atasi Ponsel yang Tercebur ke Dalam Air
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya, barang elektronik akan rusak bahkan tidak bisa digunakan lagi jika terkena air, khususnya untuk . Memang, beberapa ponsel saat ini sudah memanfaatkan fitur anti air, tapi mayoritas sangat rentan terhadap serangan air.

Bila hal ini terjadi pada ponsel Anda, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan apabila handphone kesayangan Anda tercebur ke dalam air.

Berikut lima cara mengatasi ponsel yang tercebur ke dalam air:

Jangan Nyalakan Ponsel
Salah satu hal yang harus Anda lakukan ketika ponsel tercebur ke dalam air adalah dengan langsung mematikan perangkat Anda. Jangan mencoba untuk menghidupkannya kembali, karena komponen di dalam ponsel memiliki aliran listrik melalui baterai. Listrik sangat tidak bersahabat dengan air. Jika dibiarkan hidup, maka komponen lain dari ponsel Anda akan perlahan rusak.

Buka Seluruh Penutup Ponsel
Selanjutnya Anda harus membuka seluruh penutup ponsel seperti jelly case atau penutup casing belakang (bagi ponsel yang masih menggunakan baterai non tanam). Keluarkan juga kartu sim dan kartu memori eksternal. Jika Anda memiliki pengalaman, silakan buka semua bagian ponsel agar air dapat mengering lebih cepat.

Namun Anda harus berhati-hati ketika membuka seluruh komponen ponsel. Jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kerugian dibanding mengembalikan ponsel Anda ke kondisi semula.

Masukan Ponsel Anda ke Dalam Beras
Beras memiliki daya serap tinggi terhadap air. Ambil beras secukupnya ke dalam wadah, kemudian masukan ponsel basah Anda ke dalamnya, lalu diamkan selama 24 jam. Apabila setelah itu ponsel Anda masih bermasalah, segera masukan kembali ke dalam beras untuk 24 jam berikutnya. Maka ponsel Anda akan berfungsi kembali.

Gunakan Silica Gel
Silica Gel terkenal sebagai zat penyerap lembap yang baik. Anda dapat mencoba menggunakan benda ini dengan cara yang sama seperti menggunakan beras.

Jangan Gunakan Hair Dryer atau Menjemur Ponsel di Bawah Sinar Matahari Langsung
Cara ini mungkin terlihat instan dan menjanjikan dalam proses pengeringan ponsel Anda. Namun perlu Anda ketahui, suhu panas yang tinggi dapat merusak sebagian komponen dari ponsel Anda. Hal ini justru akan membuat ponsel Anda bermasalah di kemudian hari. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.