Tak Perlu Panik, Ini 5 Cara Jitu Atasi Mesin Motor Overheat

Avatar of PortalMadura.com
Tak Perlu Panik, Ini 5 Cara Jitu Atasi Mesin Motor Overheat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat melakukan perjalanan jauh, salah satu masalah yang seringkali dialami mesin motor, yaitu overheat. Risiko mengalami overheat pun bisa lebih besar, manakala medan yang dilalui lebih berat, hingga membuat motor bekerja lebih keras dan berimbas pada mesin yang mendadak panas.

Kendati demikian, Anda jangan panik saat mengalaminya. Karena bagaimanapun overheat menjadi hal yang lazim terjadi. Lebih-lebih bagi anak motor yang sangat suka melakukan perjalanan jauh, tentu akan lebih terbiasa dengan kondisi tersebut.

Nah untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan lima langkah berikut ini:

Jangan Paksa Motor untuk Terus Melaju
Ketika overheat melanda, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menepi di pinggir jalan. Kemudian, matikan mesin motor. Memaksa motor untuk terus melaju dalam kondisi overheat, justru akan berdampak pada kerusakan mesin motor yang lebih serius, seperti kerusakan pada blok mesin.

Bisa-bisa perjalanan Anda justru akan terganggu, karena kerusakan mesin motor yang lebih parah mengharuskan Anda melakukan servis total terlebih dahulu.

Mulai Mengecek Mesin Motor
Sesudah mematikan mesin motor, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa bagian mesin motor. Penting untuk memastikan mesin motor tetap aktif, hanya saja tidak bisa dinyalakan misalnya.

Kondisi tersebut masih lebih baik, daripada mesin motor mati total. Sebab, hal tersebut justru membuat penanganan overheat jadi lebih lama.

Pastikan Piston Masih Berfungsi Baik
Beres memeriksa bagian mesin, lanjutkan untuk mengecek piston motor. Sebab, posisi piston dalam silinder yang terlalu rapat, dapat membuat seker dan piston tidak bisa leluasa beroperasi.

Hal ini kemudian membuat saluran oli terhambat. Dampaknya, mesin pun jadi lebih cepat panas alias mengalami overheat.

Luangkan Waktu untuk Mendinginkan Mesin
Langkah ini memang perlu dilakukan secara konvensional. Meski begitu, mendinginkan mesin motor secara alami selama beberapa waktu, menjadi pilihan terbaik saat motor mengalami overheat.

Lebih-lebih jika kondisi piston sudah diketahui. Agar kerusakan tidak bertambah parah dan blok mesin tidak sampai rusak, luangkan beberapa waktu sejenak untuk mendinginkan mesin. Sembari menunggu, Anda bisa menepi di warung atau minimarket.

Pungkasi dengan Cairan Pendingin yang Tepat
Apabila motor Anda menggunakan sistem pendingin radiator, pungkasi langkah penanganan overheat tersebut dengan memberikan cairan pendingan yang tepat.

Selain terjamin kualitasnya, produk tersebut banyak memiliki keunggulan. Mulai bisa digunakan untuk semua jenis motor yang menggunakan radiator, tidak mudah menggumpal pada suhu rendah atau anti-freeze, serta tidak membuat karat pada komponen radiator alias anti-rust. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.