Tak Perlu Panik Ladies, Yuk Cek 5 Komponen Ini Saat Mobil Anda Mogok

Avatar of PortalMadura.com
Tak Perlu Panik Ladies, Yuk Cek 5 Komponen Ini Saat Mobil Anda Mogok
ilustrasi

PortalMadura.Com – Berkendara menjadi sangat menyebalkan ketika mobil tiba-tiba saja mogok. Apalagi bagi pengemudi wanita yang kebanyakan tidak tahu tentang komponen kendaraan. Perasaan bingung dan panik biasanya akan campur aduk di kala itu.

Langkah cepat yang biasanya ditempuh yaitu memanggil teman laki-laki atau menghubungi bengkel langganan. Saat mereka datang tepat waktu mungkin akan melegakan, tapi bagaimana jika tidak?. Tentu akan membuat keadaan semakin rumit. Jadi, seorang wanita juga perlu mengetahui kondisi mobil untuk mencegah hal itu terjadi.

Karena, Anda masih bisa menjangkaunya atau memperbaikinya sendiri tanpa harus meminta bantuan orang lain. Selain itu, wanita yang tahu otomotif bakal terlihat lebih seksi di mata pria. Nah, berikut lima hal yang perlu dicek saat mobil Anda mogok:

Kopling Aus
Kopling aus ditandai dengan gejala mesin kendaraan yang ngos-ngosan, tidak mampu berjalan cepat dan kehabisan tenaga di tanjakan. Biasanya juga disertai dengan bau tidak sedap dari dalam atau bawah mobil. Bisa jadi itu pertanda bahwa kopling hangus dan perlu perawatan darurat secepatnya.

Overheat
Overheat terjadi karena mesin yang terlalu panas. Hal ini bisa disebabkan oleh air dalam radiator yang kurang atau habis. Bisa jadi karena lupa diisi atau kebocoran. Jangan lupa juga untuk memeriksa beberapa komponen, seperti selang radiator dan sistem pendingin lain pada bagian mesin. Biar lebih aman, penting untuk melakukan pergantian selang secara berkala.

Lampu Indikator Oli
Setelah temperatur mesin dingin, coba periksa indikator oli. Ada kemungkinan mogok terjadi karena oli mesin yang kurang. Buka kap mesin bagain depan dan lepaskan batang oli mesin. Periksa apakah oli memang sudah terlalu kering dan perlu tambahan atau tidak.

Switch Starter
Meski kerap disepelekan, sebenarnya, bagian yang situ ini juga punya peran penting pada kinerja mobil. Coba periksa, apakah Switch Starter-Anda masih berfungsi dengan baik?. Kemungkinan terjadinya kerusakan pada alat ini memang besar. Wajar, ia paling kerap dipakai saat hendak menyalakan atau mematikan mesin kendaraan.

Sekring Mobil
Saat , jangan lupa buat mengecek bagian yang sering dilupakan ya. Apalagi kalau bukan sekring mobil. Periksa sekring box pada bagian bawah kap mesin dan kemudi secara menyeluruh. Pastikan semua masih bergungsi tanpa ada yang putus atau meleleh. Jika ada yang rusak, lebih baik segera ganti supaya masalah dapat segera teratasi.

Kerusakan mobil bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Untuk itu, selalu lengkapi kendaraan dengan keperluan yang memadai, seperti dongkrak, ban serep, lampu senter, tambang, sekring, minyak rem oli mesin cadangan, dan lain-lain. Serta yang terpenting adalah segitiga pengaman untuk memberitahukan pengendara lain bahwa ada mobil berhenti di depannya.

Jadi, jangan panik yang ladies saat mobil Anda sedang mogok. Siapa tahu dengan cara tersebut, kepanikan Anda menjadi terbantu dan dipermudah. Semoga bermanfaat. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.