Tak Perlu Panik, Lakukan 3 Cara Ini Saat Si Kecil Demam Tinggi

Avatar of PortalMadura.Com
Tak Perlu Panik, Lakukan 3 Cara Ini Saat Si Kecil Demam Tinggi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – biasa terjadi pada orang dewasa maupun -anak. Demam terjadi ketika suhu tubuh seseorang lebih dari 37 derajat celsius. Hal ini disebabkan infeksi virus, bakteri, dehidrasi, gigitan serangga, atau reaksi alergi.

Pada anak-anak, demam seringkali terjadi karena tubuh masih sangat lemah untuk melawan penyakit yang menyerang. Biasanya orang tua akan panik jika si kecil terserang demam. Untuk pertolongan pertama, orang tua bakal membawa anak ke dokter, padahal ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Ukur Suhu Tubuh
Langkah pertama yang wajib dilakukan yaitu mengukur suhu tubuh anak. Pakai termometer digital akurat agar mendapatkan hasil tepat. Anda juga bisa memakai termometer infrared untuk mendapatkan hasil pengukuran yang lebih baik. Mengetahui suhu tubuh anak menjadi langkah awal untuk melakukan tindakan selanjutnya.

Berikan Obat Penurun Panas
Berikan obat penurun panas jika suhu tubuh anak lebih dari 38 derajat celsius. Berikan obat yang mengandung asetaminofen untuk bayi usia dua bulan. Sedangkan untuk anak-anak berusia di atas enam bulan lebih baik meminum obat yang mengandung ibuprofen. Pastikan takaran yang diberikan tidak melebihi dosis. Asetaminofen menurunkan demam dalam waktu sekitar empat hingga enam jam. Sementara ibu profen sekitar enam hingga delapan jam.

Kompres
Sejukkan tubuh si kecil bila demamnya melebihi 40 derajat celsius dan tidak kunjung turun. Lap tubuh si kecil dengan waslap yang dicelupkan ke air hangat. Pastikan suhu air yang dipakai sekitar 29 sampai 32 derajat celsius. Anda juga bisa mengompres dahi si kecil dengan waslap yang dicelupkan ke air hangat untuk mempercepat penurunan panas. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.