Tak Perlu Takut Moms, Begini 3 Cara Cerdas Potong Kuku Bayi Agar Aman

Tak Perlu Takut Moms, Begini 3 Cara Cerdas Potong Kuku Bayi Agar Aman
ilustrasi

PortalMadura.Com – Tidak hanya milik orang dewasa, kuku seorang bayi juga cukup cepat tumbuh. Jika tidak segera digunting, maka kuku yang mulai memanjang bisa melukai kulit bayi yang masih sangat sensitif. Tentunya hal ini sangat membahayakan.

Selain itu, bukan hanya sekadar dipotong saja. Memotong kuku bayi pun ada tekniknya supaya tidak menyakiti bayi dan hasil potongan kuku bayi bisa rapi. Maklum, terkadang bayi suka bergerak-gerak saat kukunya dipotong. Nah, bagi Anda yang masih belum punya pengalaman, jangan takut melakukan hal-hal baru seperti memotong kuku bayi.

Berikut tiga cara menggunting kuku bayi yang benar:

Siapkan Alat-alat yang Dibutuhkan
Gunakan gunting kuku khusus bayi yang biasanya berbentuk seperti gunting, tetapi ujungnya melengkung supaya lebih aman dan presisi. Meski gunting kuku ini khusus, Anda harus tetap berhati-hati karena risiko kulit jari bayi terluka tetap ada.
Siapkan juga obat antiseptik, air bersih dan kapas lembut. Sebelumnya cuci dan sterilkan gunting kuku.

Gunting Kuku saat Selesai Mandi dan Bayi Tidur
Kedua waktu ini adalah waktu yang tepat. Mengapa?. Seusai mandi, kulit dan kuku dalam keadaan lunak sehingga lebih mudah untuk dipotong dan dibersihkan. Selain itu, saat bayi tidur, dia dalam kondisi tenang sehingga minim risiko terluka. Biasanya saat tidur tangan bayi dalam kondisi terbuka jadi kuku lebih mudah digunting.

Jangan Ragu-ragu
Saat mulai memotong kuku bayi, Anda harus yakin. Jangan ragu-ragu atau khawatir karena justru hal ini yang bikin gugup. Tenang, selama berhati-hati dan menggunakan alat-alat yang benar, sekalipun ada luka kecil masih bisa diobati dengan antiseptik. (vemale.com/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.