oleh

Tak Punya Kantor, DPRD Pamekasan Tuding Eksekutif Cari-cari Alasan

PortalMadura.Com, Pamekasan – DPRD Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur ternyata belum memiliki gedung sendiri.

Selama ini, wakil rakyat di bumi Gerbang Salam itu numpang pada gedung yang lokasinya menyatu dengan Kantor Pemkab Pamekasan, dii Jalan Kabupaten.

Ketua Komisi III DPRD Pamekasan, Hosnan Ahmadi menilai, pihak eksekutif tidak memiliki niatan untuk mewujudkan pembangunan gedung dewan.

Pihak internal dewan sudah lama merencanakan pembangunan gedung dewan. Bahkan, secara politis, baik eksekutif maupun legislatif sama-sama sepakat agar DPRD memiliki gedung sendiri.

“Lebih dari sepuluh tahun yang lalu sempat ada tim untuk pengadaan lahan pendirian gedung dewan. Bahkan saat saya ada di komisi A,” katanya, Rabu (6/2/2019).

Pihak eksekutif seolah-olah selalu mencari alasan tentang kendala tidak terwujudnya gedung DPRD. Mulai dari anggaran yang tidak mencukupi lantaran naiknya harga material, kesulitan mencari lahan yang memadai, hingga alasan akses jalan yang sulit. Padahal, gedung Dewan sempat menjadi prioritas APBD sekitar 10 tahun lalu.

“Bahkan, sudah sempat dianggarkan, ternyata uangnya tidak dipakai, ini kan percuma, karena uang rakyat harus ngendon di kasda berbulan-bulan,” kesalnya.

Diantara tiga kabupaten lain di Madura, hanya DRPD Pamekasan yang masih belum memiliki gedung sendiri, sehingga hal itu ditengarai bisa memperlambat kinerja anggota dewan.

Menurutnya, peningkatan sarana dan prasarana pendukung akan berdampak pada efektivitas dan produktivitas kinerja anggota dewan.

“Secara umum jika fasilitas lengkap maka akan meningkatkan kinerja dewan,” ucapnya.

Pihaknya berharap, dalam dua sampai tiga tahun ke depan sudah memiliki gedung sendiri tanpa harus menumpang lagi.

“Saya minta Bupati baru bisa mewujudkan hal itu, sehingga menjadi kesan tentang masa satu atau dua tahun kepemimpinan bupati,” pungkasnya.

Penulis : Hasibuddin
Editor : Putri Kuzaifah
Tirto.ID
Loading...

Komentar